Timnas Australia Menang Tipis atas Tunisia

Pemain Timnas Australia, Mitchell Duke
Sumber :
  • AP Photo/Natacha Pisarenko

VIVA Bola – Timnas Tunisia berhadapan dengan Australia dalam pertandingan kedua Grup D Piala Dunia 2022, Stadion Al Janoub, pada Sabtu sore WIB, 26 November 2022. Di laga tersebut, Australia berhasil menang tipis.

Lengkap! Jadwal Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 Qatar

Selepas kick off, Australia coba mengambil inisiatif serangan. Sementara itu, Tunisia bermain sedikit defensif sambil sesekali melancarkan serangan balik.

Pertandingan antara Timnas Tunisia vs Australia di Piala Dunia 2022.

Photo :
  • AP Photo/Ebrahim Noroozi
Shin Tae-yong Fokus Penguatan Kekompakan Timnas Indonesia U-23 dalam Uji Coba di Dubai

Menjelang menit ke-19, Tunisia tiba-tiba menghentak lewat serangan balik cepat. Bola sampai ke depan gawang Australia, tapi tidak ada penyelesaian akhir yang memuaskan.

Tampaknya Tunisia perlahan mulai bisa balas menekan Timnas Australia. Di menit ke-21, sebuah upaya serangan kembali dilancarkan Tunisia meskipun tembakan Mohamed Draeger masih bikin bola melambung jauh di atas target.

Geser Lionel Messi, Pemain Timnas Indonesia Ini Masuk Daftar Top Skor Kualifikasi Piala Dunia

Pada menit 23, Australia berhasil memecah kebuntuan lewat aksi Mitchell Duke. Menerima umpan Craig Goodwin, sundulan Duke mampu menjebol gawang Tunisia.

Memasuki menit ke-34, Australia coba menekan lagi. Dari sepak pojok, Goodwin mengirim bola ke depan gawang untuk disambut sontekan Jackson Irvine di tiang dekat masih melebar.

Menjelang turun minum, Tunisia terus berusaha mencari gol penyeimbang. Barisan belakang Australia pun berusaha keras mengawal areanya, sampai-sampai kiper Mat Ryan bertabrakan dengan rekan sendiri saat menjangkau bola.

Usaha pemain Tunisia Ali Abdi menyapu bola di area sendiri nyaris berujung petaka. Tapi Australia masih gagal memaksimalkan kesempatan tersebut.

Di masa injury time paruh pertama, penyerang Tunisia Youssed Msakni membuang peluang. Sepakannya di depan gawang Australia masih melenceng usai menyambut umpan silang dari kanan.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda rehat, tidak ada tambahan gol lagi. Australia mampu mengungguli Tunisia dengan skor 1-0.

Usai jeda, Tunisia terlihat berusaha tampil lebih agresif. Di beberapa menit awal, tekanan pun berhasil dilancarkan ke arah gawang Australia.

Australia tak berdiam diri. Salah satu peluang hadir di menit ke-55. Irvine memberikan bola ke Goodwin saat sektor pertahanan Tunisia sedikit renggang. Goodwin kemudian mengirim bola ke tengah, tapi tak ada yang menyambut.

Tunisia terus menekan. Di menit ke-65, tembakan Youssef Msakni masih kena blok Aaron Moy. Tekanan sepertinya belum akan berhenti, tapi bola pada akhirnya bisa diamankan kiper Mathew Ryan.

Dalam rentang waktu singkat di menit ke-72, kiper Australia Mathew Ryan harus dua kali mengamankan bola dari tembakan Youssef Msakni. Yang pertama ditepisnya, kemudian yang kedua bisa ia tangkap sambil menjatuhkan tubuh.

Pemain Tunisia Naim Sliti berusaha menggiring bola mendekati gawang lawan di tengah rapatnya pemain bertahan Australia di menit ke-87. Tak lama berselang ada tembakan Wahbi Khazri yang masih tepat ke kiper Australia.

Tunisia terus berusaha mencari gol penyama skor termasuk di periode enam menit injury time. Namun, tidak ada lagi gol tambahan sehingga Australia berhasil mengunci kemenangan 1-0 atas Tunisia.

Hasil ini mengantarkan Australia untuk sementara bertengger di urutan kedua klasemen Grup D Piala Dunia 2022, dengan koleksi 3 poin. Sedangkan, Tunisia menduduki posisi juru kunci, dengan raihan 1 poin.

Di laga terakhir di Grup D nanti, Australia akan berjumpa Denmark. Sementara itu, Tunisia akan menantang Prancis.

Susunan pemain

Timnas Tunisia: Aymen Dahmen; Montassar Talbi, Yassine Meriah, Dylan Bronn; Ali Abdi, Aissa Laidouni, Ellyes Skhiri, Mohamed Drager; Youssef Msakni, Issam Jebali, Naim Sliti.

Timnas Australia: Mathew Ryan; Fran Karacic, Kye Rowles, Harry Souttar, Aziz Behich; Jackson Irvine, Aaron Mooy, Riley McGree; Craig Goodwin, Mitchell Duke, Mathew Leckie.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya