Jose Mourinho: Asia Prioritaskan Tim, Eropa Fokus pada Individu dan Ego

Pelatih AS Roma, Jose Mourinho
Pelatih AS Roma, Jose Mourinho
Sumber :
  • twitter.com/ASRomaEN

VIVA Bola – Pelatih AS Roma, Jose Mourinho, mengatakan bahwa dia tidak terkejut dengan kekalahan yang dialami Timnas Jerman dari Jepang di Piala Dunia 2022. Sebab, kata Mourinho, kualitas tim adalah hal terpenting di Asia, sedangkan di sepakbola Eropa hanya fokus pada individu dan keegoisan sosok bintang.

Timnas Jepang bangkit dari ketinggalan satu gol di babak pertama untuk memenangkan pertandingan perdana Grup E dengan skor 2-1. Hasil itu secara luas sangat mengejutkan, tapi Mourinho melihatnya biasa saja.

Hiroki Sakai saat Jepang melawan Jerman di Piala Dunia 2022

Hiroki Sakai saat Jepang melawan Jerman di Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Ebrahim Noroozi

"Sejujurnya, itu bukan kejutan yang gila. Jepang adalah tim yang bagus, memiliki pemain yang bagus, dan mereka telah mendapatkan akumulasi pengalaman di turnamen ini," ujar Mourinho saat berbicara di Tokyo dalam tur AS Roma di Jepang, seperti dikutip Sky Sports, Sabtu 26 November 2022.

"Mayoritas pemain yang mereka mainkan di Eropa, di mana mereka berkembang lebih cepat dan lebih memahami apa itu permainan tingkat tinggi."

"Dan saya pikir mentalitas para pemain dan tim juga bisa membuat perbedaan. Saya pikir saat ini sepakbola Eropa terlalu fokus pada individu, dan fokus besarnya pada ego."

Halaman Selanjutnya
img_title