Grup E Piala Dunia 2022: Kosta Rika Bikin Jepang Gigit Jari

Jepang vs Kosta Rika di Piala Dunia 2022
Sumber :
  • AP Photo/Eugene Hoshiko

VIVA Bola – Timnas Kosta Rika membuat Timnas Jepang gigit jari. Dalam laga kedua Grup E Piala Dunia 2022 di Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan, Qatar pada Minggu sore WIB 27 November 2022, Kosta Rika menang dengan skor 1-0.

Jay Idzes Banjir Pujian Usai Aksi Menutupi Pemain Filipina yang Terjatuh, Netizen: Respect Bang Jay!

Jepang bermain agresif sejak menit awal. Skuad asuhan Hajime Moriyasu coba memberi tekanan kepada Kosta Rika baik ketika menguasai bola atau tidak.

Namun, upaya Jepang untuk menekan itu masih belum dibarengi dengan kreasi serangan mumpuni. Mereka gagal untuk bisa memberi ancaman ke gawang Kosta Rika.

Anang Hermansyah Disebut Walk Out Setelah Disoraki Satu Stadion Usai Timnas Indonesia Menang

Jepang vs Kosta Rika di Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Darko Bandic

Secara perlahan Kosta Rika mampu mulai main tenang dan lebih sabar ketika menguasai bola. Dengan begitu, tekanan dari Jepang bisa teredam.

2.086 Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Laga Indonesia Vs Filipina

Meski kedua tim coba untuk membongkar pertahanan lawan di babak pertama, tapi gol tak kunjung hadir sampai wasit meniup peluit tanda turun minum.

Jepang Ambil Alih Kendali

Jepang vs Kosta Rika di Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Francisco Seco

Memulai babak kedua, Jepang yang giliran ambil alih kendali permainan. Tim berjuluk Samurai Biru melakukan penguasaan bola lebih banyak.

Kosta Rika merespons cara bermain Jepang dengan ciri khas tanpa kompromi. Mereka tak ragu untuk melakukan pelanggaran untuk menghentikan lawan.

Jepang terus memberi tekanan ke pertahanan Kosta Rika. Mereka mendapatkan beberapa peluang, tapi gagal dikonversi menjadi gol hingga laga memasuki menit 80.

Pada menit 81, petaka bagi Jepang yang justru datang. Upaya pemain mereka untuk melakukan sapuan malah jadi blunder, karena bola bisa didapat pemain Kosta Rika.

Keysher Fuller yang berdiri bebas ketika mendapat bola melepaskan tendangan terukur. Kiper Jepang, Shuichi Gonda gagal membendungnya.

Di sisa waktu yang ada, Jepang main menyerang. Tapi sayang, upaya mereka tak mendapat hasil positif hingga laga usai.

Klasemen Grup E

Dengan hasil ini, persaingan di Grup E menjadi menarik. Karena ada tiga tim yang sudah mengantongi satu kemenangan.

Spanyol yang baru sekali bermain ada di puncak klasemen dengan raihan tiga angka. Mereka unggul dengan selisih gol surplus tujuh, berkat kemenangan atas Kosta Rika.

Di urutan kedua ada Jepang yang juga punya tiga poin, tapi selisih gol nol. Sedangkan Kosta Rika menempati urutan ketiga dengan tiga angka dan selisih gol minus enam. Jepang dan Kosta Rika sudah dua kali main.

Jerman yang baru bermain sekali ada di dasar klasemen. Skuad asuahn Hansi Flick sebelumnya kalah dari Jepang dengan skor 1-2.

Susunan Pemain

Jepang: Shuichi Gonda; Maya Yoshida, Kou Itakura, Yuto Nagatomo (Hiroki Ito 46'), Miki Yamane (Kaoru Mitoma 62'), Daichi Kamada, Hidemasa Morita, Wataru Endo, Ayase Ueda (Takuma Asano 46'), Yuki Soma (Takumi Minamino 82'), Ritsu Doan (Junya Ito 67'). 

Kosta Rika: Keylor Navas; Francisco Calvo, Oscar Duarte, Bryan Oviedo, Kendall Waston, Yeltsin Tejeda, Celso Borges (Youstin Sala 89'), Keysher Fuller, Gerson Torres (Brandon Aguilera 65') Anthony Contreras (Jewison Bennette 65'), Joel Campbell (Daniel Chacon Salas 90+5').

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya