Tumbangkan Swiss, Timnas Brasil Pastikan Tiket ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

Timnas Brasil merayakan gol di Piala Dunia 2022
Sumber :
  • AP Photo/Hassan Ammar

VIVA Bola – Timnas Brasil menjadi tim kedua yang menjejakkan kaki ke fase gugur Piala Dunia 2022 usai menumbangkan Timnas Swiss pada lanjutan Grup G yang dilangsungkan di Stadium 974 - Ras Abu Aboud, Qatar, Selasa dini hari WIB, 29 November 2022. Tim Samba menang 1-0.

Ten Hag Ungkap Pemain Ini Bakal Bawa Kesuksesan untuk MU

Brasil memulai duel dengan agresivitas tinggi guna mencari gol cepat di awal laga. Vinicius Junior, Raphinha, dan Richarlison bebar-benar menjadi ancaman nyata bagi barisan pertahanan Swiss.

Tim Samba mendapatkan peluang di menit 12. Kerja sama Lucas Paqueta membuka ruang untuk Richarlison dan Vinicius. Tapi, Nico Elvedi lebih cepat memutus aliran bola.

Legenda Timnas Indonesia dari Piala Dunia hingga Juara SEA Games Rayakan HUT PSSI

Brasil kembali mengancam di menit 27. Vinicius melepaskan tembakan yang masih bisa diamankan oleh kiper Yann Sommer. Sementara, Swiss masih kesulitan menembus pertahanan Brasil. Skor kacamata masih menghiasi babak pertama.

Pelatih Brasil, Tite, melakukan perubahan di awal babak kedua. Berharap lini serang tampil lebih tajam.

Geser Lionel Messi, Pemain Timnas Indonesia Ini Masuk Daftar Top Skor Kualifikasi Piala Dunia

Swiss sempat membuat para defender Seleccao bekerja keras di menit 53. Silvan Widmer mengirimkan umpan dari sisi kiri yang hampir saja berhasil disambut oleh Fabian Rieder. Bola liar didapat oleh Djibril Sow yang bisa diblok oleh Alex Sandro.

Brasil sempat bersorak di menit 64 setelah Vinicius menyarangkan bola ke gawang Swiss. Namun, tak berselang lama gol itu dianulir lantaran Richarlison dianggap sudah berada dalam posisi offside meski tak menyentuh bola.

Pertandingan lebih banyak berjalan satu arah dengan Brasil sebagai pemeran utama. Swiss dipaksa bertahan dan tak mampu mengembangkan permainan.

Gol yang ditunggu-tunggu Seleccao akhirnya hadir di menit 83. Adalah Casemiro yang mampu menaklukkan ketangguhan Yann Sommer di bawah mistar gawang.

Sepakannya dari dalam kotak penalti meluncur deras ke pojok kiri gawang yang membuat Sommer cuma terpaku menyaksikan bola menembus gawangnya.

Gol tersebut membangkitkan semangat Tim Samba untuk meningkatkan intensitas serangan guna menambah pundi-pundi gol dan memastikan kemenangan dalam genggaman.

Tapi, tak ada gol tambahan lagi yang hadir di sisa laga. Brasil pun menyudahi laga ini dengan keunggulan 1-0.

Tambahan tiga poin membuat Thiago Silva cs memastikan langkahnya ke babak 16 besar.

Susunan Pemain

Brasil: Alisson (PG); Eder Militao, Marquinhos, Thiago Silva, Alex Sandro (Alex Telles 86'), Lucas Paqueta (Rodrygo Goes 46'), Casemiro, Fred (Bruno Guimaraes 58'), Raphinha (Antony 73'), Richarlison (Gabriel Jesus 73'), Vinicius Junior.

Swiss: Yann Sommer (PG); Silvan Widmer (Fabian Frei 86'), Manuel Akanji, Nico Elvedi, Ricardo Rodriguez, Remo Freuler, Granit Xhaka, Fabian Rieder (Renato Steffen 59'), Djibril Sow (Michel Aebischer 76'), Ruben Vargas (Edimilson Fernandes 59'), Breel Embolo (Haris Seferovic 77').

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya