Brace Bruno Fernandes Antarkan Timnas Portugal ke Fase Gugur Piala Dunia 2022

Timnas Portugal merayakan gol di Piala Dunia 2022
Sumber :
  • AP Photo/Darko Vojinovic

VIVA Bola – Timnas Portugal menyusul Timnas Prancis dan Timnas Brasil untuk lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Itu setelah Seleccao das Quinas menumbangkan Timnas Uruguay dengan skor 2-0 pada lanjutan Grup H yang digelar di Lusail Stadium, Selasa dini hari WIB, 29 November 2022.

Akhirnya Bruno Fernandes Ungkap Masa Depannya di MU, Ternyata...

Uruguay memulai laga dengan baik dan mampu menciptakan peluang pertamanya pada menit kedua. Namun, tembakan yang dilesakkan masih menyamping.

Portugal mencoba memberi respons cepat. Mereka membangun kerja sama dari situasi bola mati. Cristiano Ronaldo menyodorkan bola kepada Bruno Fernandes yang melepaskan tembakan mendatar yang juga masih menyamping.

Kata Jay Idzes soal Peluang Timnas Indonesia Lolos Piala Dunia 2026

Seleccao das Quinas tampil cukup mendominasi sepanjang babak pertama. Namun, upaya yang mereka bangun kerap menemui jalan buntu lantaran rapatnya barisan pertahanan yang digalang Uruguay.

Uruguay sempat membuat jantung Portugal ketar-ketir di menit 32. Di momen tersebut, Rodrigo Bentancur membawa bola sendirian menuju kotak penalti Portugal.

Profil Timnas Slovenia: Kontestan Piala Eropa 2024 yang Lama Meredup

Dia mengecoh tiga pemain sekaligus untuk menusuk ke kotak penalti. Sayang, ketika berhadapan satu lawan satu dengan Diogo Costa, tembakannya membentur tubuh sang kiper.

Costa menutup jalur tembak Bentancur dan menyelamatkan gawangnya dengan baik. Skor kacamata masih menghiasi hingga turun minum.

Babak kedua kembali dimulai dengan tempo sedang. Portugal terlihat aktif menyerang guna mencuri gol lebih dulu.

Upaya tim asuhan Fernando Santos akhirnya berbuah hasil di menit 54. Berniat mengirim umpan ke kotak penalti, bola hasil umpan Bruno Fernandes justru bersarang ke gawang Uruguay.

Kiper Sergio Rochet tampak terkecoh dengan gerakan yang dibuat oleh Ronaldo yang memang ingin menanduk bola. Skor 1-0 untuk Portugal.

Uruguay baru meningkatkan intensitas serangan usai tertinggal. Mereka mendapatkan kesempatan dari Edinson Cavani di menit 58 namun masih menyamping.

Beberapa kali Uruguay bisa melepaskan tembakan ke arah gawang Seleccao das Quinas. Tapi, tak ada satu pun yang bersarang di gawang Portugal.

Salah satu peluang terbaik didapatkan Facundo Pellistri di menit 75. Sayang, tembakannya digagalkan tiang gawang.

Seleccao das Quinas akhirnya menyegel kemenangan lewat penalti Bruno Fernandes. Bek Uruguay kedapatan melakukan handball dan tanpa ampun wasit menunjuk titik putih saat waktu normal berakhir.

Fernandes yang jadi algojo tanpa kesalahan mengecoh kiper lawan dan membawa timnya memimpin 2-0 di menit 90+3.

Penggawa Manchester United itu sebenarnya hampir saja membukukan hattrick di laga ini. Tapi, dua peluang berikutnya digagalkan Rochet dan tiang gawang.

Skor 2-0 bertahan hingga laga bubar. Timnas Portugal pun berhak melangkahkan kakinya ke fase gugur Piala Dunia 2022.

Susunan Pemain

Portugal: Diogo Costa (PG); Joao Cancelo, Ruben Dias, Pepe, Nuno Mendes (Raphael Guerreiro 42'), Bernardo Silva, Ruben Neves (Rafael Leao 69'), William Carvalho (Joao Palhinha 83'), Bruno Fernandes, Cristiano Ronaldo (Goncalo Ramos 83'), Joao Felix (Matheus Nunes 82').

Uruguay: Sergio Rochet (PG); Sebastian Coates, Diego Godin (Facundo Pellistri 62'), Jose Gimenez, Guillermo Varela, Federico Valverde, Matias Vecino (Giorgian de Arrascaeta 62'), Rodrigo Bentancur, Mathias Olivera (Matias Vina 86'), Darwin Nunez (Maxi Gomez 73'), Edinson Cavani (Luis Suarez 73').

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya