Pria Bawa Bendera Pelangi Masuk Lapangan di Pertandingan Portugal vs Uruguay

Pria dengan bendera pelangi menyusup lapangan di pertandingan Portugal-Uruguay
Sumber :
  • SportsMax

VIVA Bola – Seorang pria menyusup lapangan saat pertandingan lanjutan Grup E Piala Dunia 2022, antara Timnas Portugal berhadapan dengan Timnas Uruguay di Lusail Stadium. Tampak pria tersebut membawa bendera pelangi yang identik dengan LGBT.

Remaja Perempuan 16 Tahun Ditemukan Tewas Usai Ngamar Bareng 2 Pria di Hotel Jaksel

Selain itu, dilihat dari foto yang beredar, pria tak dikenal tersebut mengenakan kaos yang bertuliskan protes terhadap perang Ukraina dan Rusia yang telah berlangsung kurang lebih Sembilan bulan, serta di bagian belakang kaos bertuliskan “Hormati Wanita Iran”.

Pria dengan bendera pelangi menyusup lapangan di pertandingan Portugal-Uruguay

Photo :
  • AFP
Viral Bule Kanada Ungkap Pengalaman Nikah dengan Wanita Indonesia: Mereka yang Terbaik

Pria berkaos biru tersebut menerobos barikade keamanan dan memasuki lapangan hijau saat babak kedua baru berlangsung lima menit. Aksinya sontak membuat permainan harus dihentikan sementara. Pria itu berada di lapangan sekitar 30 detik, sebelum akhirnya ia digiring keluar oleh petugas keamanan.

Hak-hak kaum gay dan penggunaan bendera pelangi telah menjadi isu panas di Piala Dunia Qatar. Seperti diketahui, belum lama ini FIFA telah mengizinkan penonton mengenakan atribut pelangi di dalam stadion, setelah federasi sepak bola dunia itu dikecam oleh banyak pihak.

Ini Pemain Korea Selatan yang Perlu Diwaspadai Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

Protes Timnas Iran

Pemain Timnas Iran tolak nyanyikan lagu kebangsaan Jelang lawan Timnas Inggris

Photo :
  • The42

Sebelumnya diberitakan, aksi protes mengenai hak-hak wanita Iran juga sempat dilakukan oleh Timnas Iran, di mana mereka menolak untuk menyanyikan lagu kebangsaan sebelum pertandingan pertamanya di Piala dunia 2022 melawan Timnas Inggris, Senin, 21 November 2022.

Kapten Alireza Jahanbakhsh mengatakan tim memutuskan tidak menyanyikan lagu kebangsaan untuk menunjukkan solidaritas atas demonstrasi yang telah mengguncang rezim di Iran.

Iran telah diguncang oleh lebih dari dua bulan demonstrasi nasional sejak kematian Mahsa Amini yang berusia 22 tahun dalam tahanan polisi pada 16 September lalu.

Protes Timnas Jerman

Pemain Timnas Jerman protes atas larangan ban kapten One Love oleh FIFA

Photo :
  • AP Photo/Ricardo Mazalan

Bentuk protes lain juga disampaikan oleh Timnas Jerman ketika berhadapan dengan Timnas Jepang di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar pada Rabu malam WIB 23 November 2022.

Saat sesi foto sebelum memulai laga Grup E Piala Dunia 2022 itu, para pemain utama Jerman serempak menutup sebagian wajahnya dengan tangan. Itu adalah indikasi adanya pembungkaman dari FIFA.

Bukan tanpa alasan FIFA melarang setiap tim di Piala Dunia 2022 menggunakan ban kapten One Love dengan simbol LGBT. Sebab, di Qatar, tuan rumah Piala Dunai 2022, hal tersebut sangat dilarang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya