Bek Timnas Inggris Keluhkan Bobot Bola Piala Dunia Terlalu Enteng

Bola Piala Dunia 2022, Al Rihla
Sumber :
  • FIFA.com

VIVA Bola – Bek Timnas Inggris Kieran Trippier membeberkan bahwa bola Piala Dunia 2022 yaitu Al Rihla terasa lebih ringan untuk ditendang. 

Penampilan Timnas Indonesia Moncer di Tangan STY, Coach Justin Semprot Bung Towel: Gak Ngerti Bola!

Dilansir dari The Telegraph, Trippier juga menyebut bahwa Al Rihla seolah-olah akan melambung jauh jika ditendang terlalu kuat saat umpan silang atau tendangan bebas.

Adidas selaku perusahaan yang menciptakan bola tersebut memang menyatakan bahwa pergerakan Al Rihla lebih cepat daripada bola Piala Dunia manapun. 

Pemain Jagoan Inggris Persenjatai Diri Rumahnya dengan Perlengkapan 'Kelas Militer' Selama EURO 2024

Kieran Trippier

Photo :
  • instagram @ktrippier2

Bola yang dirancang dengan 20 panel khusus ini dipercaya mampu meningkatkan akurasi, stabilitas dalam melambung, serta pada belokan. Selain itu, Al Rihla bisa memaksimalkan penyimpanan udara dan bentuk. 

Legenda Timnas Indonesia dari Piala Dunia hingga Juara SEA Games Rayakan HUT PSSI

“Hanya saja saya merasa bola ini sedikit lebih ringan,” ucap bintang Newcastle United ini. 

Trippier mengutarakan jika Al Rihla ditentang terlalu kencang akan terbang ke sembarang arah. Tapi hal tersebut menurutnya bukan masalah besar karena pada dasarnya para pemain memiliki kemampuan untuk mengontrol bola.

“Rasanya jika Anda menendang terlalu banyak tenaga, bola itu akan terbang begitu saja tetapi itu salah satu di mana kita harus menghadapinya, kita semua melakukannya, kami berlatih dengan bola yang sama. Itu bola untuk sepakbola, kan?” sambung Trippier. 

Pemain berusia 32 tahun ini mengungkapkan setiap mengoper menggunakan Al Rihla, ia merasa bolanya sedikit berbeda daripada yang pernah ia gunakan. 

“Setiap kali saya mengoper bola, saya merasa bolanya sedikit berbeda tapi tidak ada alasan apapun, sungguh. Bukan karena (cuaca) panas atau apapun. Saya tidak terlalu yakin, mungkin ini faktor para pemain,” tuturnya. 

Al Rihla juga dilengkapi sensor gerak di dalamnya untuk membaca keputusan VAR (Video Assistant Referee) dengan menggunakan Artificial Intelligence alias kecerdasan buatan untuk keputusan offside dari teknologi offside semi-otomatis FIFA. 

Teknologinya telah diuji di Piala Arab dan Piala Dunia Klub 2021 di Abu Dhabi dan tidak ada perubahan kinerja. Sebelum turnamen, Al Rihla juga dites di laboratorium, terowongan angin, dan lapangan oleh para pemain bola. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya