Kemenangan Timnas Belanda Dianggap Remeh, Louis Van Gaal Meradang

Louis van Gaal
Sumber :

VIVA Bola – Timnas Belanda sukses melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 usai menggulung Timnas Qatar 2-0 dalam laga pamungkas Grup A pada Senin 29 November 2022. Kemenangan tersebut juga menjadikan Belanda menempati posisi puncak klasemen akhir Grup A.

Profil Qatar, Lawan Perdana Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

Qatar sendiri memang bukan tim yang diunggulkan. Mereka baru pertama kali lolos ke Piala Dunia dengan hak istimewa sebagai tuan rumah. Kendati begitu, salah satu wartawan menilai kemenangan De Oranje atas Qatar adalah hal yang membosankan seperti yang dilansir dari Reuters.

Mendengar pernyataan tersebut, Louis Van Gaal selaku manajer Timnas Belanda pun naik pitam. 

Lengkap! Jadwal Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 Qatar

Timnas Belanda merayakan gol di Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Lee Jin-man

“Kami lolos ke fase berikutnya, itu yang penting. Kami melakukan apa yang perlu kami lakukan. Kami adalah juara grup,” kata Van Gaal dalam konferensi pers. 

Pantas Saja Shin Tae-yong Kepincut Bek Liga Belanda Ini, Ternyata Statistiknya Mengerikan

Segelintir jurnalis yang hadir dalam konferensi pers dikabarkan mengkritik performa Belanda ketika menghadapi skuad asuhan Felix Sanchez. Van Gaal menyetujuinya namun tak mau memusingkan hal tersebut.

“Yah, itu mengecewakan, tapi saya tidak setuju dengan Anda. Saya pikir semua orang akan bangga untuk melaju ke babak berikutnya. Saya pikir semua tidak seburuk yang Anda katakan,” ucapnya.

Van Dijk dkk melibas Qatar untuk kekalahan yang ketiga kalinya ketika Cody Gakpo mencetak gol ketiganya di turnamen pada menit ke-26. Kemudian gol kedua dilesatkan oleh Frenkie de Jong tak lama setelah turun minum.

Manajer berusia 71 tahun ini memuji permainan Gakpo dan mengatakan bahwa ia memiliki potensi menjadi pemain yang handal di masa depan. Van Gaal juga mengungkapkan bintang PSV Eindhoven itu sedang belajar menyerang dari tengah daripada preferensi awalnya di sebelah kiri. 

Belanda finis di urutan pertama klasemen akhir Grup A dengan tujuh poin. Mereka akan melawan Timnas Amerika Serikat di fase 16 besar pada 3 Desember 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya