Jepang Bermodal Permainan Barcelona untuk Hadapi Spanyol

Gavi dalam laga Spanyol vs Kosta Rika di Piala Dunia 2022
Sumber :
  • AP Photo/Pavel Golovkin

VIVA Bola – Timnas Jepang tak ingin kehilangan kesempatan untuk lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Karena itulah mereka ingin memenangkan pertandingan melawan Timnas Spanyol dalam lanjutan Grup E di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar pada Jumat dini hari WIB 2 Desember 2022.

Ilaix Moriba, Eks Barcelona yang Jadi Ancaman Timnas Indonesia U-23

Saat ini Jepang ada di urutan kedua klasemen Grup E dengan raihan tiga poin. Sedangkan Spanyol dengan empat poin ada di urutan pertama. Di bawah Jepang ada Kosta Rika yang juga punya tiga angka, lalu Jerman pada urutan buncit dengan satu poin.

Jika berhasil memenangkan pertandingan melawan Spanyol, sudah dipastikan Jepang akan dapat tiket ke babak gugur. Meski dianggap berat, tapi bukan berarti Tim Matador tak bisa dikalahkan.

Pelatih yang Bawa Timnas Argentina Juara Piala Dunia Meninggal

Shuichi Gonda saat Jepang mengalahkan Jerman

Photo :
  • AP Photo/Eugene Hoshiko

Jepang sudah membuat kejutan di Piala Dunia 2022. Pada laga pembuka Grup E, mereka berhasil membuat Jerman sebagai unggulan gigit jari dengan kemenangan 2-1.

Klasemen LaLiga: Real Madrid Juara, Girona Lolos ke Liga Champions

Menimbang peluang yang masih ada, Jepang tak mau tanpa bekal untuk menghadapi Spanyol. Mereka mempelajari permainan Barcelona, karena ada delapan penggawa mereka yang jadi andalan Spanyol.

Kiper Jepang, Shuichi Gonda yang mengatakan hal tersebut. Dia juga mengaku memiliki pengalaman pernah bekerja bersama salah satu pelatih Spanyol, Miguel Angel Lotina.

Gelandang Timnas Spanyol, Pedri

Photo :
  • AFP

Dari pengalamannya itu ditambah mempelajari permainan Barcelona, menurut Gonda sudah ada gambaran seperti apa Spanyol akan bermain. Penguasaan bola adalah kunci skuad asuhan Luis Enrique.

"Saya bekerja dengan Lotina, dan saya tahu bahwa posisi para pemain sangat penting," kata Gonda, dikutip dari Marca.

"Permainan penguasaan bola adalah kuncinya. Spanyol membuat saya terkesan dalam aspek permainan ini. Mereka menyerang secara dinamis, kami melihatnya di Barcelona dan tim Spanyol lainnya," imbuhnya.

Yang kemudian menjadi kewaspadaan Gonda adalah momentum serangan yang dilakukan oleh Spanyol. Saat melihat rekaman melawan Jerman pun, terlihat Tim Matador main bagus.

Dua gelandang Spanyol asal klub Barcelona, Pedri dan Gavi juga diwaspadai oleh Gonda. Menurut dia, keduanya memiliki kualitas yang luar biasa.

"Kami tidak tahu apakah Pedri atau Gavi akan bermain. Mereka adalah pesepakbola yang cerdas," ujar kiper asal klub Shimizu S-Pulse tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya