Kiper Timnas Jepang: Permainan Spanyol Seperti Video Game

Shuichi Gonda saat Jepang mengalahkan Jerman
Sumber :
  • AP Photo/Eugene Hoshiko

VIVA Bola – Timnas Jepang bersiap menjalani laga pamungkas Grup E Piala Dunia 2022 melawan Timnas Spanyol. Kedua tim akan saling berhadapan di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar pada Jumat dini hari WIB 2 Desember 2022.

Timnas Indonesia U-23 Tantang Jepang atau Korsel di Perempat Final? Bakal Terjawab Malam Ini

Duel ini amat penting bagi kedua tim. Sebab, persaingan di Grup E Piala Dunia 2022 menuju babak 16 besar masih terbuka bagi semuanya.

Spanyol, Jepang, Kosta Rika, dan Jerman masih memiliki peluang melaju ke babak gugur. Duel pamungkas fase grup menjadi sangat menentukan bagi semuanya.

Legenda Timnas Indonesia dari Piala Dunia hingga Juara SEA Games Rayakan HUT PSSI

Timnas Jepang kalahkan Jerman di Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Petr Josek

Saat ini Spanyol memimpin klasemen dengan raihan empat poin. Di bawah mereka ada Jepang dan Kosta Rika dengan tiga angka. Di paling bawah ada Jerman yang punya satu angka.

Geser Lionel Messi, Pemain Timnas Indonesia Ini Masuk Daftar Top Skor Kualifikasi Piala Dunia

Jika Jepang menang atas Spanyol, dipastikan tiket ke babak 16 besar didapatkan. Jika pun imbang, mereka masih punya peluang, asal di laga lainnya, Kosta Rika bermain imbang menghadapi Jerman.

Jelas bukan hal mudah bagi Jepang untuk bisa mengalahkan Spanyol. Kiper tim berjuluk Samura Biru, Shuichi Gonda mengatakan Spanyol adalah lawan yang tangguh.

Timnas Spanyol

Photo :
  • Istimewa

Dia dan rekan-rekannya bahkan melihat permainan Spanyol ketika imbang melawan Jerman sangat bagus. Mereka sangat kompak, bahkan terlihat seperti di video game.

"Mereka tahu bagaimana menyerang bersama dan sangat berhati-hati. Pertandingan mnereka melawan Jerman bagi saya tampak seperti video game," tutur Gonda, dikutip dari Sport.

Dua pemain muda Spanyol yang mengisi lini tengah, Pedri dan Gavi mendapat pujian dari Gonda. Menurutnya, pemain asal klub Barcelona itu amat cerdas.

"Kami tidak tahu apakah Pedri atau Gavi akan bermain, tapi mereka adalah pesepakbola yang sangat cerdas," katanya.

Kiper asal klub Shimizu S-Pulse itu menilai para pemain Spanyol tahu betul kapan harus bergerak mencari ruang. Itulah yang membuat mereka selalu ada di posisi yang tepat.

"Di Jepang, pesepakbola dengan teknik seperti itu selalu mendapat pujian, dan pemain Spanyol selalu berada di tempat yang tepat," ujar Gonda.

"Mereka memposisikan diri dengan sangat baik. Bahkan jika berada di bawah banyak tekanan. Mereka selalu melakukan hal yang sama dan itu membuat kami terkesan," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya