Walau Jerman Pulang Cepat di Piala Dunia 2022, Manuel Neuer Cetak Rekor Fenomenal

Manuel Neuer
Sumber :
  • instagram @fcbayern

VIVA Bola – Timnas Jerman resmi tersingkir dari Piala Dunia 2022. Meskipun berhasil menggulung Timnas Kosta Rika 4-2 di laga terakhir Grup E pada 2 Desember dini hari WIB, mereka harus menerima kenyataan finish di peringkat ketiga klasemen akhir Grup E.

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Namun tak semua yang ada di laga tersebut menjadi hal buruk bagi anak asuhan Hansi Flick. Kiper veteran Jerman yakni Manuel Neuer pada malam itu berhasil mencetak rekor.

Dilansir dari akun Twitter resmi Bayern Munich, Neuer berhasil menjadi kiper dengan penampilan terbanyak dalam sejarah turnamen. Kiper berusia 36 tahun ini sudah 19 kali bermain di Piala Dunia sejak tahun 2010.

Media AS Sorot Kemenangan Timnas Indonesia Atas Vietnam: Patut Mendapat Pujian

Manuel Neuer

Photo :
  • AFP

Di Piala Dunia 2010, Neuer melakoni debut sebagai pengganti Rene Adler yang cedera menjelang turnamen dimulai di Afrika Selatan. Performanya dinilai mengesankan dan sejak itu ia selalu menjadi kiper utama Die Mannschaft.

2 Pemain Timnas Indonesia Ini Pernah Hancurkan Skuad Erik Ten Hag

Peran mantan pemain FC Schalke 04 ini juga sangat vital saat Jerman mengangkat trofi Piala Dunia 2014. Dalam turnamen yang diadakan di Brasil ini ia membawa pulang penghargaan Golden Glove alias kiper terbaik.

Pertemuan melawan Kosta Rika menandai penampilan ke-117 Neuer bersama Timnas Jerman. Ia masih menjadi pilihan utama Jerman bahkan di usianya yang sudah tidak muda lagi. Kiper Jerman lain seperti Marc-Andre Ter Stegen dan Kevin Trapp belum bisa menggeser posisinya.

Namun banyak yang berspekulasi bahwa Piala Dunia 2022 menjadi ajang internasional untuk Neuer mengingat usianya tersebut. Tapi sang bintang menyebut bahwa ia belum memikirkan untuk berhenti membela negaranya. 

Ia bahkan masih bersedia jika suatu saat dipanggil lagi untuk Timnas Jerman.

“Jika saya diminta dan masih dipanggil, saya akan datang,” katanya seperti yang dikutip dari bulinews.com.

Berbeda dengan rekan seperjuangannya, Thomas Mueller, mengisyaratkan bahwa laga kontra Kosta Rika kemungkinan menjadi pertandingan terakhirnya bagi Jerman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya