Ghana Vs Uruguay, Masih Ada Dendam dengan Aksi Nekat Luis Suarez

Timnas Ghana
Sumber :
  • Twitter @ghanafaofficial

VIVA Bola – Ghana vs Uruguay akan jadi sajian dari Grup H Piala Dunia 2022. Duel ini dilangsungkan di Al Janoub Stadium, Al Wakrah, Qatar pada Jumat malam WIB 2 Desember 2022.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Timnas Ghana punya memori buruk saat menghadapi Timnas Uruguay pada Piala Dunia 2010. Itu terkait dengan aksi nekat Luis Suarez mengeblok bola dengan tangannya ketika berada di mulut gawang sendiri.

Suarez tanpa ragu menggunakan tangannya untuk melakukan blok setelah pemain Ghana, Dominic Adiyiah menyundul bola. Itu dia lakukan untuk menggagalkan gol lawan.

Lionel Messi dan Sergio Busquets Bikin Gol, Inter Miami Amankan Puncak Klasemen

Luis Suarez saat uji coba Kanada vs Uruguay

Photo :
  • Martin Baumann/TASR via AP

Wasit kemudian memberikan kartu merah kepada Suarez karena aksinya tersebut. Lalu Ghana mendapat hadiah penalti.

Legenda Timnas Indonesia dari Piala Dunia hingga Juara SEA Games Rayakan HUT PSSI

Sayangnya, Asamoah Gyan sebagai eksekutor gagal menuntaskan tugasnya. Bola membentur mistar gawang, dan Suarez yang berada di lorong ruang ganti langsung bereaksi senang luar biasa.

Pertandingan tersebut akhirnya masuk ke adu penalti. Pada bagian itu, Ghana harus menyerah 2-4 dari Uruguay. Cerita yang membuat Suarez menjadi heroik di negara sendiri.

Korea Selatan vs Ghana di Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Ebrahim Noroozi

Namun bagi Ghana momen itu sangat menyakitkan. Mereka berharap pada edisi kali ini, dendam kepada Uruguay bisa terbalaskan.

Gyan yang masih ingat betul momen tersebut mengaku sangat ingin melihat dendam Ghana kepada Uruguay terbalaskan. Bahkan ini sudah muncul saat drawing.

"Ketika drawing dilakukan dan melihat Uruguay ada di grup Ghana, satu-satunya hal yang ada di benak orang adalah balas dendam. Ghana ingin balas dendam. Itu adalah motivasi," kata Gyan, dikutip dari BBC.

"Kami satu grup dengan Korea Selatan, Portugal, dan Uruguay. Pertandingan paling penting bagi Ghana adalah melawan Uruguay. Di benak semua orang adalah balas dendam, balas dendam, balas dendam," imbuhnya.

Ghana saat ini menjadi tim dengan peluang terbesar menjadi pendamping Portugal di Grup H yang lolos ke babak 16 besar. Dengan tiga poin, tim berjuluk The Black Stars menempati urutan kedua.

Sementara Uruguay ada di urutan terbawah klasemen dengan satu poin. Mereka kalah selisih gol dari Korea Selatan yang juga punya satu poin dan menempati posisi ketiga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya