Timnas Belanda Membungkam Kritik

Bek Belanda, Virgil van Dijk
Sumber :
  • AP Photo/Ashley Landis

VIVA Bola – Timnas Belanda melangkah ke babak perempat final Piala Dunia 2022. Mereka mengalahkan Timnas Amerika Serikat dalam laga 16 besar di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar pada Sabtu malam WIB 3 Desember 2022.

Legenda Timnas Indonesia dari Piala Dunia hingga Juara SEA Games Rayakan HUT PSSI

Belanda berhasil memenangkan laga melawan Amerika Serikat dengan skor 3-1. Memphis Depay membuka keunggulan ketika laga memasuki menit 10.

Di pengujung babak pertama, Daley Blind menambah keunggulan. Pada menit 76, Amerika Serikat memangkas ketertinggalan melalui Haji Wright.

Liverpool Dibantai Atalanta di Kandang Sendiri, Van Dijk: Sakitnya Tuh di Sini

Striker Timnas Belanda, Memphis Depay

Photo :
  • AP Photo/Martin Meissner

Situasi yang membuat Belanda jadi tidak nyaman lagi. Tapi pada menit 81, Denzel Dumfries menambah keunggulan De Oranje lagi.

Klopp Puji Trio Belanda di Liverpool

Keberhasilan Belanda menembus perempat final menambah kepercayaan diri para pemain. Mereka sukses membungkam kritik yang datang sejak tampil di Piala Dunia 2022.

Belanda sejak memulai laga di Grup A memang belum terkalahkan. Akan tetapi, secara permainan skuad asuhan Louis van Gaal tak meyakinkan.

Pemain Timnas Belanda merayakan gol.

Photo :
  • AP Photo/Martin Meissner

Bek Belanda, Virgil van Dijk menjadi percaya diri dengan hasil yang didapat. Ini bukti mereka bisa tampil lebih baik, dan mematahkan kritik.

"Saya pikir kami bisa melakukan lebih baik dari yang kami tunjukkan," kata van Dijk, dikutip dari NOS.

"Dengar, kami ingin berkembang. Ini satu langkah lebih baik dan kami mencetak dua gol fantastis. Apalagi yang Anda inginkan?" imbuhnya.

Van Dijk mencoba untuk mengambil pelajaran dari perjalanan mereka selama ini. Kritik yang datang dia anggap sebagai ekspektasi suporter yang tahu jika kualitas De Oranje bisa lebih baik lagi.

"Ini sudah lebih baik, tapi kami kritis. Di Belanda, semua orang kritis karena kami bisa bermain sepakbola dengan sangat baik," tutur van Dijk.

Di babak perempat final, Belanda akan menghadapi Argentina. Ini jadi ujian sulit bagi mereka. Masa istirahat yang ada, menurut van Dijk harus bisa dimaksimalkan.

"Tapi, kami berada di perempat final, kami sekarang harus pulih. Kami memiliki dua hari ekstra, dan itu sedikit membantu."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya