Libas Polandia, Prancis Segel Tiket Perempatfinal Piala Dunia 2022

Para pemain Timnas Prancis merayakan gol.
Sumber :
  • AP Photo/Christophe Ena

VIVA Bola – Partai seru tersaji di babak 16 besar Piala Dunia 2022 saat Timnas Prancis harus bertemu Polandia, di Stadion Al Thumama, Qatar, pada Minggu malam WIB, 4 Desember 2022. Di laga tersebut, Prancis berhasil melibas Polandia.

Legenda Timnas Indonesia dari Piala Dunia hingga Juara SEA Games Rayakan HUT PSSI

Selepas kick off, Prancis coba mengambil inisiatif penguasaan bola. Sementara itu, Timnas Polandia memainkan skema defensif sambil sesekali melancarkan serangan balik.

Pertandingan Timnas Prancis vs Polandia di babak 16 besar Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Luca Bruno
Senangnya Kylian Mbappe Bawa PSG ke Semifinal Liga Champions

Setelah konsisten menguasai bola, Prancis baru mendapatkan peluang emas pada menit 13. Namun, tembakan keras dari jarak jauh yang dilepaskan Aurelien Tchouameni masih bisa diamankan dengan cekatan oleh kiper Polandia, Wojciech Szczesny.

Menit 21, giliran Polandia yang memiliki peluang untuk mencetak gol. Akan tetapi, sepakan jarak jauh yang ditembak Robert Lewandowski masih melenceng ke sebelah kiri gawang Prancis.

Hasil Liga Champions: Comeback PSG dan Borussia Dortmund, Barcelona dan Atletico Madrid Nangis Darah

Prancis kembali mengancam gawang Polandia pada menit 35. Sayangnya, tembakan terukur Kylian Mbappe dari sudut sempit masih bisa dimentahkan Szczesny. 

Prancis nyaris kebobolan pada menit ke-38. Beruntung, tembok pertahanan Les Blues yang dikomandoi Hugo Lloris berhasil mematahakan sontekan Piotr Zielinski.

Pada menit 42, bek Prancis Jules Kounde tertangkap wasit memakai kalung saat ingin melakukan lemparan ke dalam. Setelah itu, wasit langsung menyuruh Kounde melepas kalungnya sebelum melakukan lemparan ke dalam.

Usaha Prancis untuk memecah kebuntuan akhirnya terwujud saat pertandingan memasuki menit ke-44. Olivier Giroud sukses menceploskan bola ke gawang Polandia lewat kaki kirinya usai memanfaatkan umpan Mbappe.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda turun minum, tidak ada tambahan gol lagi. Prancis sukses unggul tipis atas Polandia dengan skor 1-0.

Usai jeda, Prancis tidak mengendurkan intensitas serangan mereka. Sementara itu, Polandia sedikit mengeluarkan tenaga ekstra dalam upaya mereka membongkar pertahanan Prancis.

Babak kedua baru berjalan sekitar tiga menit, Prancis sudah mampu mengancam gawang Polandia. Namun, tembakan yang dilepaskan Antoine Griezmann masih dapat ditinju oleh Szczesny.

Menit 56, Prancis kembali mendapatkan peluang. Akan tetapi, penyelesaian akhir dari Kylian Mbappe usai melakukan penetrasi yang brilian masih melenceng tipis ke samping gawang Polandia.

Ambisi Mbappe untuk mencetak gol di laga ini akhirnya terpenuhi. Pada menit 74, striker Paris Saint-Germain itu berhasil menciptkan gol yang indah dengan tendangan kerasnya usai mengoptimalkan umpan manja dari Ousmane Dembele.

Olivier Giroud dan Kylian Mbappe.

Photo :
  • AP Photo/Luca Bruno

Memasuki masa injury time jelang laga berakhir, Prancis berhasil memperbesar keunggulan mereka. Lagi-lagi, Mbappe yang sukses mencatatkan namanya di papan skor dengan sepakan kaki kanannya usai memaksimalkan umpan Marcus Thuram.

Dalam waktu yang tersisa, Polandia masih berusaha keras untuk mencari gol hiburan. Mereka mendapatkan hadiah penalti saat masa injury time lima menit sudah lewat.

Polandia mendapatkan hadiah penalti setelah Dayot Upamecano melakukan handball. Robert Lewandowski yang menjadi algojo sukses membuat skor berubah.

Setelah gol dari Lewandowski, wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Prancis berhasil mengamankan kemenangan 3-1 atas Polandia.

Hasil ini tentu saja mengantarkan Prancis ke babak perempatfinal Piala Dunia 2022, dan membuat Polandia harus angkat koper. Di fase delapan besar, Prancis akan berjumpa pemenang dari duel antara Timnas Inggris melawan Senegal.

Susunan pemain

Timnas Prancis: Hugo Lloris (PG); Jules Kounde (Axel Disasi 90'+2'), Raphael Varane, Dayot Upamecano, Theo Hernandez; Aurelien Tchouameni (Youssouf Fofana 66'), Adrien Rabiot; Ousmane Dembele (Kingsley Coman 76'), Antoine Griezmann, Kylian Mbappe; Olivier Giroud (Marcus Thuram 76').

Timnas Polandia: Wojciech Szczesny (PG); Bartosz Bereszynski, Kamal Glik, Jakub Kiwior (Jan Bednarek 87'); Matty Cash, Sebastian Szymanski (Arkadiusz Milik 64'), Grzegorz Krychowiak (Krystian Bielik 71'), Przemyslaw Frankowski (Kamil Grosicki 87'); Piotr Zielinski, Jakub Kaminski (Nicola Zalewski 71'), Robert Lewandowski.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya