4 Fakta Menarik Duel Timnas Jepang vs Timnas Kroasia

Pertandingan Timnas Jepang vs Kroasia di babak 16 besar Piala Dunia 2022.
Sumber :
  • AP Photo/Eugene Hoshiko

VIVA Bola - Timnas Kroasia berhasil melaju ke perempat final Piala Dunia 2022 setelah menyingkirkan Timnas Jepang lewat babak adu penalti dengan skor (3-1) setelah sebelumnya bermain imbang 1-1 pada Senin malam, 5 Desember 2022.

Profil Timnas Jerman, Tuan Rumah Ingin Kembalikan Nama Besar di Piala Eropa 2024

Satu gol Timnas Jepang ditorehkan Daizen Maeda (43'), sementara satu gol Timnas Kroasia dibukukan Ivan Perisic (55'). Berikut beberapa fakta menarik duel Jepang vs Kroasia, sebagai berikut:

Yuuk Scroll ke Bawah!!

Timnas Indonesia Gagal ke Olimpiade Paris 2024, AFC: Akhir yang Memilukan

1. Dominik Livakovic Permain Terbaik

Trofi Bola Emas Maradona di Piala Dunia FIFA 1986 Meksiko Akan Dilelang

Dominik Livakovic tampil gemilang di bawah mistar gawang Timnas Kroasia, momen terbaiknya ketika menahan tendangan keras Wataru Endo di luar kotak penalti. Selain itu, ia berhasil menepis tiga penendang penalti Timnas Jepang. Atas penampilan gemilangnya dan berhasil membawa Timnas Kroasia melaju ke perempat final Piala Dunia, ia terpilih sebagai pemain terbaik dalam laga tersebut.

2. Adu Penalti Pertama di Piala Dunia 2022

Kiper Timnas Kroasia, Dominik Livakovic.

Photo :
  • AP Photo/Luca Bruno

Laga Jepang vs Kroasia harus dilanjutkan ke babak adu penalti setelah sebelumnya bermain imbang 1-1. Ini juga menjadi adu penalti pertama di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

3. Tiga Penendang Timnas Jepang Gagal Masuk

Kiper Kroasia, Dominik Livakovic

Photo :
  • Brfootball

Timnas Jepang harus mengubur mimpinya melaju ke babak perempat final Piala Dunia setelah dikalahkan Timnas Kroasia lewat babak adu penalti. Kegagalan tersebut tak lepas dari ketiga penendang Timnas Jepang yaitu Takumi Minamino, Kaoru Mitoma dan Maya Yoshida gagal mencetak gol setelah mampu di tepis Dominik Livakovic yang tampil gemilang dalam laga tersebut.

4. Ketiga Kalinya Timnas Kroasia Masuk Perempat Final

Timnas Kroasia merayakan gol di Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Aijaz Rahi

Ini akan menjadi ketiga kalinya bagi Timnas Kroasia melaju sejauh ini selama keikutsertaan di Piala Dunia. Pada Piala Dunia 1998 Timnas Kroasia berhasil menjadi juara ketiga dan pada Piala DUnia 2018 berhasil menjadi juara kedua. Pada Piala Dunia kali ini, mampukah Timnas Kroasia melaju ke babak final seperti pada Piala Dunia sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya