Timnas Maroko Bentangkan Bendera Palestina Usai Kalahkan Spanyol

Timnas Maroko bentangkan bendera Palestina usai lawan Spanyol
Sumber :
  • twitter.com/MarkOgden_

VIVA Bola – Timnas Maroko sukses menghentikan langkah Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022. Bermain dalam laga babak 16 besar di Education City Stadium, Al Rayyan, Qatar pada Selasa malam WIB 6 Desember 2022, Maroko menang lewat adu penalti.

Abu Ubaida Bongkar Fakta Kegagalan Israel di Hari ke-200 Pembantaian Gaza

Kedua tim bermain imbang tanpa gol di waktu normal. Gol juga tak kunjung tiba saat Maroko vs Spanyol memainkan 30 menit waktu tambahan. Duel pun harus dilanjutkan ke adu penalti untuk menentukan pemenang.

Dalam adu penalti, tiga dari empat algojo Maroko berhasil menuntaskan tugasnya dengan sangat baik. Sementara tiga penendang penalti Spanyol menemui kegagalan. Satu mengenai tiang, dan dua lainnya dihalau kiper Maroko, Yassine Bounou.

Presiden Raeisi Ancam Lenyapkan Israel Jika Berani Gempur Iran

Selebrasi Timnas Maroko usai kalahkan Spanyol

Photo :
  • AP Photo/Martin Meissner

Kemenangan ini disambut gegap gempita oleh pendukung Maroko di Education City Stadium. Mereka melonjak kegirangan karena berhasil mematahkan anggapan banyak orang jika Spanyol yang akan memenangkan pertandingan ini.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Lama juga waktu yang dihabiskan para pemain Maroko untuk melakukan selebrasi kemenangan ini. Wajar bila euforia itu terus muncul, karena mereka satu-satunya negara dari Afrika yang masih bertahan hingga ke perempat final Piala Dunia 2022.

Ada momen menarik dalam selebrasi Timnas Maroko. Salah satunya adalah bendera Palestina yang mereka bentangkan di tengah lapangan saat sedang mengabadikan momen menggembirakan ini.

Maroko merayakan kemenangan atas Spanyol di Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Ebrahim Noroozi

Isu pembebasan Palestina dari invasi militar Israel memang banyak menyedot perhatian di Piala Dunia 2022. Para peserta dari Timur Tengah dan Afrika Utara banyak yang menyuarakan persoalan ini.

Tidak cuma pemain saja yang turut menyuarakan solidaritas untuk Palestina. Namun juga mereka yang menonton langsung di stadion. Pendukung Tunisia misalnya yang juga membentangkan bendera Palestina di tribun saat melawan Australia.

Momen penonton menerobos masuk ke dalam lapangan dengan membawa bendera Palestina juga terjadi saat Tunisia menghadapi Prancis. Dia bahkan sempat beraksi salto, sampai akhirnya diamankan petugas.

Solidaritas pembebasan Palestina juga disuarakan oleh para pendukung Timnas Inggris di Piala Dunia 2022. Mereka mengatakan hal tersebut saat diwawancarai oleh stasiun televisi Israel.

Awalnya sang reporter menanyakan mengenai kemungkinan Inggris mendengungkan jargon 'It's Coming Home.' yang merupakan harapan gelar juara mereka bawa pulang ke negara asal sepakbola.

Namun jawaban yang diterima menohok sang reporter. 'Ya, it's coming home, tapi yang lebih utama, bebaskan Palestina," jawab suporter Inggris dan menuai tanggapan dari sang reporter yang meminta untuk berbicara sepakbola saja, bukan politik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya