Goncalo Ramos Hattrick, Portugal Bantai Swiss di 16 Besar Piala Dunia 2022

Portugal vs Swiss di Piala Dunia 2022
Sumber :
  • AP Photo/Ariel Schalit

VIVA Bola – Timnas Portugal menang telak atas Timnas Swiss dalam babak 16 besar Piala Dunia 2022. Bermain di Lusail Iconic Stadium, Qatar pada Rabu dini hari WIB 7 Desember 2022, skuad asuhan Fernando Santos memenangkan laga dengan skor 6-1.

Rasmus Hojlund Lebih Pilih Legenda MU Dibanding Cristiano Ronaldo, Kenapa?

Goncalo Ramos menjadi bintang pada pertandingan ini. Penyerang Portugal tersebut berhasil mencatatkan hattrick ke gawang Swiss. Sementara dua gol tambahan lainnya datang dari Pepe, Raphael Guerreiro, dan Rafael Leao.

Portugal vs Swiss di Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Frank Augstein
Legenda Timnas Indonesia dari Piala Dunia hingga Juara SEA Games Rayakan HUT PSSI

Sementara satu gol balasan dari Swiss datang melalui Manuel Akanji. Setelah itu skuad asuhan Murat Yakin sulit untuk bisa bangkit mengejar ketertinggalannya.

Yang menarik dalam kemenangan Portugal ini adalah duduknya Cristiano Ronaldo di bangku cadangan. Santos baru memainkan pria berjuluk CR7 ketika laga memasuki menit 73 untuk menggantikan Joao Felix.

Tuntutan Gaji Ivan Toney Bikin Kapten Bruno Fernandes Kesal

Keberhasilan Portugal menembus babak perempat final ini disambut dengan gembira. Tantangan mereka selanjutnya adalah melawan Maroko yang sebelumnya sukses mengalahkan Spanyol melalui adu penalti.

Babak I Portugal Vs Swiss

Portugal vs Swiss di Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Alessandra Tarantino

Portugal memulai pertandingan dengan bermain agresif. Mereka coba memberi tekanan ke area pertahanan Swiss dengan mengandalkan dominasi penguasaan bola.

Swiss masih mampu menahan gempuran dari Portugal di awal babak pertama. Mereka juga sempat untuk merepotkan barisan pertahanan lawan lewat skema serangan balik.

Pada menit 17, gawang Swiss akhirnya bobol oleh Portugal. Goncalo Ramos dengan sangat baik melepaskan tendangan keras dengan kaki kiri, dan membuat kiper Swiss, Yann Sommer tak berkutik untuk menghalau.

Kepercayaan diri Portugal meningkat setelah itu. Pada menit 33, mereka semakin nyaman untuk bermain karena bisa unggul 2-0. Kali ini giliran Pepe yang mengukir nama di papan skor usai menanduk bola operan sepak pojok dari Bruno Fernandes.

Swiss mencoba untuk memberi balasan serangan di sisa waktu yang ada. Namun, sampai babak pertama usai, tak ada gol yang bisa mereka ciptakan.

4 Gol di Babak Kedua

Portugal vs Swiss di Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Ariel Schalit

Jalannya pertandingan babak kedua semakin sengit. Portugal yang coba untuk mempertahankan momentum bagus berhasil mencetak gol cepat.

Sekira enam menit paruh kedua laga berjalan, mereka bisa menambah keunggulan menjadi tiga gol tanpa balas. Operan dari Diogo Dalot bisa diteruskan menjadi gol oleh Ramos.

Cuma berselang empat menit kemudian, Portugal kembali memaksa Yann Sommer memungut bola untuk dari dalam gawangnya untuk keempat kali. Adalah Raphael Guerreiro yang mencetak gol ke gawang Swiss.

Swiss akhirnya bisa memecah kebuntuan mereka pada menit ke-58. Bola liar di dalam kotak penalti Portugal usai adanya sepak pojok berhasil disambar oleh Manuel Akanji.

Hattrick Ramos pada pertandingan init tercipta pada menit 67. Dia meneruskan umpan yang diberikan oleh Joao Felix dengan sangat baik.

Rafael Leao yang baru masuk pada menit 87 menggantikan Bruno Fernandes berhasil melengkapi kemenangan Portugal atas Swiss menjadi 61. Dia mencetak gol pada menit 90+2.

Susunan Pemain

Portugal: Diogo Costa; Diogo Dalot, Pepe, Ruben Dias, Raphael Guerreiro, William Carvalho, Bernardo Silva (Ruben Neves 81'), Otavio (Vitinha 73'), Bruno Fernandes (Rafael Leao 87'), Joao Felix (Cristiano Ronaldo 73'), Goncalo Ramos (Ricardo Horta 73').

Swiss: Edimilson Fernandes, Fabian Schaer, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez, Granit Xhaka, Remo Freuler (Denis Zakaria 54'), Xherdan Shaqiri, Djibril Sow (Haris Seferovic 54'), Ruben Vargas (Noah Okafor 66'), Breel Embolo (Ardon Jashari 89').

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya