5 Fakta Mengenaskan Timnas Spanyol Disingkirkan Timnas Maroko

Maroko vs Spanyol di Piala Dunia 2022
Sumber :
  • AP Photo/Ricardo Mazalan

VIVA Bola - Timnas Spanyol secara mengejutkan tersingkir di babak 16 besar Piala Dunia setelah kalah lewat adu penalti atas Timnas Maroko dengan skor (0-3) pasca bermain imbang tanpa gol pada Selasa kemarin malam, 6 Desember 2022.

Viral! Warung Kelontong di Spanyol Mirip di Indonesia, Netizen: Ini Mah Warung Madura

Laga Maroko vs Spanyol berjalan sangat sengit, kedua tim tersebut saling jual beli serangan. Timnas Spanyol sempat mendapatkan peluang di babak pertama melalui tendangan Dani Olmo, namun tendangannya masih bisa diselamatkan dengan baik kiper Timnas Maroko.

Begitu juga dengan Timnas Maroko sempat mendapatkan peluang emas melalui tendangan keras di luar kotak penalti yang dilakukan Sofyan Amrabat, namun tendanganya masih diamankan dengan baik kiper Timnas Spanyol.

Solidaritas Palestina, Ribuan Warga Spanyol Turun ke Jalan Desak Pemerintah Boikot Israel

Berikut beberapa fakta mengenaskan Timnas Spanyol disingkirkan Timnas Maroko, sebagai berikut:

1. Yassine Bounou Pemain Terbaik

Legenda Timnas Indonesia dari Piala Dunia hingga Juara SEA Games Rayakan HUT PSSI

Kiper Timnas Maroko, Yassine Bounou terpilih sebagai pemain terbaik dalam laga tersebut. Sepanjang laga Yassine Bounou bermain sangat gemilang dan mampu beberapa kali menyelamatkan gawang Timnas Maroko dari segala gempuran para pemain Timnas Spanyol. Momen terbaiknya saat menahan dua tendangan keras Dani Olmo serta mampu menahan dua penendang penalti Timnas Spanyol.

2. Timnas Spanyol Empat Kali Tersingkir Lewat Adu Penalti

Timnas Spanyol tersingkir dari Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Julio Cortez

Timnas Spanyol memiliki catatan buruk jika harus bermain lewat adu penalti. Kegagalan pertamanya saat Piala Dunia 1986 di kalahkan Belgia di babak perempat final. Kemudian di Piala Dunia 2002 harus tersingkir oleh tim tuan rumah Korea Selatan di babak 8 besar.

Sementara kegagalan ketiga kalinya saat Piala Dunia 2018 dan tersingkirkan tim tuan rumah Rusia dengan skor 3-4 serta yang terakhir disingkirkan Timnas Maroko di Piala Dunia 2022 dengan skor 0-3. Ini menjadi catatan penting bagi Timnas Spanyol.

3. Tiga Penendang Timnas Spanyol Gagal

Gelandang Timnas Spanyol, Sergio Busquets

Photo :
  • Eurosport

Tiga pemain Timnas Spanyol gagal mengeksekusi tendangan penalti dengan baik. Penendang pertama dilakukan Pablo Sarabia, namun tendangan kerasnya masih membentur tiang gawang sebelah kanan. Sementara penendang selanjutnya dilakukan Carlos Soler dan Sergio Busquets mampu dibaca dengan baik Yassine Bounou.

4. Hakim Ziyech Tampil Gemilang

Pemain Timnas Maroko, Hakim Ziyech rayakan gol

Photo :
  • AP Photo/Pavel Golovkin

Hakim Ziyech tampil di sektor penyerang sayap kanan, ia mampu merepotkan barisan pertahanan Timnas Spanyol. Pemain Chelsea tersebut kerap melakukan tendangan keras di luar kotak penalti, namun beberapa tendanganya mampu ditepis dengan baik kiper Timnas Spanyol. Selain itu juga, ia berhasil mengeksekusi penalti dengan baik ketiga laga dilanjutkan lewat babak adu penalti.

5. Kesalahan Luis Enrique

Timnas Spanyol tersingkir dari Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Luca Bruno

Kegagalan Timnas Spanyol melaju ke babak selanjutnya tak lepas dari kesalahan Luis Enrique. Dalam skuad tim berjuluk La Roja tersebut kurangnya pemain berpengalaman. Tercatat hanya ada dua pemain yang sudah cukup berpengalaman yaitu Sergio Busquets dan Jordi Alba.

Seharusnya Luis Enrique memanggil Sergio Ramos untuk mengisi barisan pertahanan Timnas Spanyol. Pasalnya pelatih berusia 52 tahun tersebut lebih memilih memasang Rodri sebagai bek tengah, di satu sisi pemain Manchester City tersebut posisi terbaiknya adalah gelandang bertahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya