5 Kiper yang Menjadi Kapten di Piala Dunia 2022, Siapa Saja?

Manuel Neuer
Sumber :
  • instagram @fcbayern

VIVA Bola – Seorang kapten memiliki peran yang sangat krusial dalam tim sepakbola. Selain menjadi sosok yang paling bertanggung jawab, kapten juga memiliki tugas untuk membangkitkan semangat tim.

Murka Shin Tae-yong untuk Wasit Final Euro 2024

Umumnya, seorang kapten dipilih berdasarkan usia dan pengalaman yang dimiliki. Di Piala Dunia 2022 Qatar, tercatat ada lima kapten yang berstatus sebagai kiper. Mulai dari Manuel Neuer hingga Hugo Lloris, berikut Viva rangkumkan kiper yang menjadi kapten di Piala Dunia 2022.

1.Manuel Neuer (Jerman)

Bukan Kaleng-kaleng, Wasit yang Usir Shin Tae-yong Pimpin Final Euro 2024

Kiper sekaligus kapten Timnas Jerman, Manuel Neuer

Photo :
  • twitter.com/DFB_Team

Manuel Neuer diangkat menjadi kapten Timnas Jerman sejak 2014 setelah Piala Dunia usai. Ia saat itu menggantikan Philipp Lahm yang memutuskan pensiun dari tim nasional. Meski usianya sudah 36 tahun, Neuer masih menjadi andalan Der Panzer di Piala Dunia 2022.

Timnas Indonesia Diuntungkan Lawan Arab Saudi di Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kiper milik Bayern Munich tersebut telah membukukan 116 caps dan mencatatkan 48 clean sheet. Mengingat usianya yang tidak lagi muda, Neuer memprediksi akan memainkan turnamen Piala Dunia terakhirnya di Qatar. Ia tentu ingin memberikan yang terbaik pada edisi kali ini sebelum memutuskan gantung sarung tangan.

2. Kasper Schmeichel (Denmark)

Kiper Timnas Denmark, Kasper Schmeichel

Photo :
  • twitter.com/EURO2020

Kapten utama Timnas Denmark di Piala Dunia 2022 adalah Simon Kjaer. Namun karena Kjaer tidak dimainkan pada pertandingan kedua melawan Prancis, Kasper Schmeichel kemudian dipilih menjadi kapten tim. Ini sebenarnya bukan kali pertama Schmeichel ditunjuk menjadi kapten Tim Dinamit.

Sebelumnya, di UEFA Nations League, Schmeichel juga beberapa kali dipercaya sebagai kapten. Kiper berusia 36 tahun itu sejauh ini telah membela Timnas Denmark sebanyak 88 pertandingan. Schmeichel berhasil menciptakan 43 clean sheet dari seluruh penampilan tersebut.

3. Mathew Ryan (Australia)

Kiper Club Brugge, Mathew Ryan

Photo :
  • Sporza.be

Mathew Ryan telah menjadi andalan Timnas Australia sejak 2013. Sampai saat ini, posisinya sebagai kiper utama The Socceroos belum juga tergantikan. Apalagi, ia diberi amanah sebagai kapten Timnas Australia di Piala Dunia 2022.

Kiper berusia 30 tahun itu telah malang melintang di sepak bola Eropa. Sejumlah tim top tercatat pernah dibelanya, seperti Valencia, Brighton & Hove Albion, Arsenal, hingga Real Sociedad. Kini, Ryan melanjutkan kariernya bersama klub Denmark, FC Copenhagen.

4. Keylor Navas (Kosta Rika)

Keylor Navas

Photo :
  • instagram

Pelatih Kosta Rika, Luis Fernando Suarez, sebenarnya menunjuk Bryan Ruiz sebagai kapten tim di Piala Dunia 2022. Namun, karena Ruiz tak kunjung dimainkan sebagai starter dalam dua laga pembuka Grup E, Luis Fernando Suarez kemudian memilih Keylor Navas untuk menggunakan ban kapten.

Ditunjuknya Navas sebagai kapten tim tentu bukan tanpa alasan. Selain usianya yang sudah sangat matang, 35 tahun, Navas juga memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi. Terbaru, Navas berhasil mencatatkan clean sheet ketika bersua Jepang, Minggu (27/11/2022).

5. Hugo Lloris (Prancis)

Kiper Timnas Prancis, Hugo Lloris

Photo :
  • dailymail.co.uk

Hugo Lloris saat ini mengemban amanah sebagai kapten Timnas Prancis. Ia sudah ditunjuk menjadi kapten Tim Ayam Jantan sejak tahun 2011 silam. Di Piala Dunia 2022, Lloris tampil cukup konsisten sejauh ini.

Performa apiknya di bawah mistar gawang membuat Timnas Prancis menjadi tim pertama yang dipastikan lolos ke fase gugur. Dengan catatan itu, Lloris kemungkinan akan mengistirahatkan Didier Deschamps pada partai terakhir Grup D demi memberi jam terbang kepada kiper lain.

Ditunjuk menjadi kapten tim di turnamen sejumlah Piala Dunia merupakan prestasi tersendiri bagi seorang pemain. Menarik dinantikan kiprah para kiper sepanjang Piala Dunia 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya