Louis Van Gaal Bete Timnas Belanda Dianggap Remeh di Piala Dunia 2022

Louis van Gaal
Sumber :

VIVA Bola – Pelatih Timnas Belanda Louis Van Gaal mengaku terkejut dengan banyaknya pujian yang diterima Timnas Brasil atas usaha mereka selama Piala Dunia 2022. 

Pantas Saja Shin Tae-yong Kepincut Bek Liga Belanda Ini, Ternyata Statistiknya Mengerikan

Bahkan ia mengklaim anak asuhannya bermain dengan cara yang sama dengan Brasil tapi malah dianggap sebelah mata oleh banyak orang. 

Justru Die Oranje kerap dikritik terkait gaya permainannya oleh beberapa media Belanda yang membuat Van Gaal frustasi. Tak cuma itu, Van Gaal juga membungkam pencapaian Tim Samba usai menggulung Korea Selatan 4-1 di babak 16 besar pada 6 Desember dini hari WIB.

Geser Lionel Messi, Pemain Timnas Indonesia Ini Masuk Daftar Top Skor Kualifikasi Piala Dunia

Pemain Timnas Belanda merayakan gol.

Photo :
  • AP Photo/Martin Meissner

Eks manajer Manchester United ini mengklaim gol pembuka Belanda saat menang 3-1 atas Amerika Serikat adalah langkah tim unggulan. 

Geser Malaysia dan Singapura, Rangking FIFA Timnas Indonesia Melesat

“Saya juga melihat bagian (permainan) dari Brasil kemarin, mereka benar-benar memainkan sepakbola yang sama dengan tim nasional Belanda,” tutur Van Gaal seperti yang dikutip dari Mirror

“Mereka bermain dengan pertahanan yang kompak dan berganti dengan sangat cepat,” sambungnya. 

Van Gaal membeberkan ia mendapat info dari temannya bahwa media menilai Brasil bermain dengan brilian. Padahal menurutnya Belanda juga melakukan hal yang sama. 

“Hal yang aneh adalah ketika saya kemudian membaca di media dari teman saya, bahwa itu (Brasil) adalah sepakbola yang bagus, sementara kami juga melakukan itu,” ungkap Van Gaal.

Ia melanjutkan, “Kami juga mencetak gol dengan cara itu. Golnya jauh lebih bagus, itu adalah gol tim. Itu melebihi semuanya. Bermain dengan 10 kali kecepatan tinggi itu benar-benar gol yang super.”

Juru taktik berusia 71 tahun ini berharap skuadnya tetap menjaga performa dengan baik ketika menghadapi Argentina di perempatfinal pada 10 Desember 2022 mendatang.

Timnas Belanda merayakan gol di Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Lee Jin-man

Lionel Messi dkk kemungkinan besar datang sebagai favorit di laga ini, tapi Belanda dengan senang hati membuktikan bahwa mereka juga layak diperhitungkan sebagai tim handal.

Kedua negara pernah bertemu di Piala Dunia 2014 di mana Tim Tango menyingkirkan Belanda melalui adu penalti di semifinal. 

“Kami sudah berada di perempatfinal, Argentina tentu saja negara yang menyingkirkan kami terakhir kali melalui adu penalti. Kami masih memiliki urusan yang harus diselesaikan,” pungkasnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya