Gawat, Timnas Argentina Diduga Langgar Aturan Piala Dunia, Lionel Messi Berpotensi Absen

Lionel Messi menerima kartu kuning dalam duel Timnas Argentina vs Belanda
Sumber :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

VIVA Bola – Timnas Argentina tengah dalam kondisi harap-harap cemas. Pasalnya, FIFA telah mengonfirmasi sedang melakukan investigasi terhadap dugaan pelanggaran yang dilakukan Tim Tango.

Terpopuler: Sindiran Suporter Bali United, Media Asing Puji Indonesia

Pelanggaran itu diduga dilakukan Argentina saat menghadapi Timnas Belanda pada babak perempat final Piala Dunia 2022 Qatar.

Pada pertandingan tersebut, La Albiceleste harus melewati babak adu penalti sebelum memastikan diri melaju ke semifinal.

Lionel Messi dan Sergio Busquets Bikin Gol, Inter Miami Amankan Puncak Klasemen

Sejatinya, tim asuhan Lionel Scaloni sudah unggul dua gol lebih dulu lewat sumbangan Nahuel Molina (35') dan penalti Lionel Messi (73').

Megabintang Timnas Argentina, Lionel Messi

Photo :
  • AP Photo/Petr David Josek
Legenda Timnas Indonesia dari Piala Dunia hingga Juara SEA Games Rayakan HUT PSSI

Namun, Belanda mampu memaksakan perpanjangan waktu setelah Wout Weghorst melesakkan dua gol telat di menit 83 dan 90+11. Argentina akhirnya menang 4-3 di babak tos-tosan.

Tapi, bukan itu saja drama yang terjadi sepanjang pertandingan. Pasalnya, masih ada beberapa kejadian lain yang memancing emosi dari para pemain sehingga wasit Antonio Mateu Lahoz sampai mengeluarkan 15 kartu kuning dan satu kartu merah.

Skuad La Albiceleste menilai kepemimpinan wasit sangat buruk di laga ini. Salah satu yang memancing amarah Argentina adalah keputusan wasit yang memberikan tendangan bebas buat Belanda di depan kotak penalti yang berbuah gol penyama kedudukan bagi De Oranje.

Maka itu, emosi para pemain Argentina terlihat sangat meluap-luap ketika memastikan kemenangan. Beberapa pemain bahkan terlibat adu mulut dengan skuad Belanda, termasuk Messi.

Sang kapten bahkan sempat mengutarakan rasa kecewanya terhadap kepemimpinan wasit saat sesi interview selepas pertandingan. Meski, tak secara blak-blakan.

Gelandang Timnas Belanda, Marten De Roon saat berhadapan dengan Lionel Messi.

Photo :
  • AP Photo/Ricardo Mazalan

"Pertandingan ini tak seharusnya berakhir seperti ini. Saya tak ingin membicarakan soal wasit karena mereka bisa menjatuhkan sanksi kepada Anda. Tapi, orang-orang melihat apa yang terjadi," ungkap La Pulga dikutip Mirror.

"Kami sudah khawatir sebelum pertandingan karena kami tahu bagaimana dia dan saya pikir FIFA harus mengevaluasinya. Anda tak bisa menempatkan wasit sepertinya dalam duel seperti ini," jelasnya.

Mengenai hal tersebut, FIFA pun bergerak cepat melakukan investigasi. Argentina dan Belanda diduga melakukan pelanggaran dalam dua pasal yang berpotensi membuahkan sanksi.

Termasuk, berbagai tindakan Messi dalam keseluruhan pertandingan tersebut yang membuatnya juga berpeluang mendapat hukuman dari FIFA.

Tentu, akan menjadi masalah besar jika Messi sampai mendapat hukuman. Sementara, hukuman ini tak terlalu berdampak bagi Belanda yang memang sudah tersingkir.

"Komite Disiplin FIFA telah membuka proses investigasi terhadap Asosiasi Sepakbola Argentina berdasarkan potensi pelanggaran Pasal 12 (Pelanggaran terhadap pemain dan ofisial) dan 16 (Ketertiban dan Keamanan di pertandingan) Kode Disiplin FIFA selama Belanda melawan Argentina di laga Piala Dunia FIFA yang berlangsung pada 9 Desember," demikian bunyi pernyataan tersebut.

"Selain itu, Komite Disiplin FIFA juga telah membuka proses yang sama terhadap Asosiasi Sepakbola Belanda karena potensi pelanggaran pasal 12 Kode Disiplin FIFA sehubungan dengan pertandingan yang sama," lanjut pernyataan itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya