Kenali Format dan Aturan yang Berlaku di Piala AFF 2022

TC Timnas Indonesia jelang piala AFF
Sumber :
  • Pssi

VIVA Bola – Piala AFF 2022 akan digelar pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023 yang akan datang. Timnas Indonesia punya ambisi besar di Piala AFF 2022. Pelatih Shin Tae-yong telah menyatakan target juara. Pada edisi 2020 lalu, Timnas Indonesia kalah dari Thailand pada laga final.

Blak-blakan, Ketum PSSI Erick Thohir Ungkap Pembicaraan dengan Emil Audero

Indonesia bakal punya kekuatan baru untuk Piala AFF 2022. Jordi Amat dan Sandy Walsh sudah bisa dimainkan setelah proses naturalisasi dan ikatan ikatan beres. Mereka sudah bergabung dengan latihan Timnas Indonesia.

Para pemain Timnas Thailand rayakan gol.

Photo :
  • Instagram/@changsuek
Kata Pelatih Australia Usai Dikalahkan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia

Thailand masih akan menjadi rival berat bagi Indonesia di Piala AFF 2022. Namun, Tim Gajah Perang tidak tampil dengan kekuatan terbaik di Piala AFF 2022 karena Chanathip Songkrasin memilih absen dan beristirahat usai merampungkan musim 2022 bersama Kawasaki Frontale.

Vietnam dan Malaysia juga akan menjadi lawan berat bagi Skuad Garuda. Sebelum menikmati Piala AFF 2022, yuk simak informasi terkait 'Piala Dunia' levek Asia Tenggara tersebut di bawah ini

Ernando Ari Jago Banget, Timnas Indonesia Butuh Naturalisasi Kiper Inter Milan?

Format Pertandingan

Piala AFF 2022 digelar dengan format yang berbeda jika dibandingkan pada edisi 2020 lalu. Pada edisi 2020, Piala AFF digelar dengan tuan rumah tunggal karena kondisi pandemi Covid-19.

Pada Piala AFF 2022, format yang dipakai akan kembali pada edisi 2018.

10 negara akan dibagi menjadi dua grup, masing-masing grup lima negara. Kompetisi digelar dengan format round robin dengan setiap tim akan memainkan dua laga kandang dan dua laga tandang.

Latihan Timnas Indonesia jelang Piala AFF 2022.

Photo :
  • Instagram/@baliunitedfc

Dua tim peringkat teratas fase grup akan lolos ke babak semifinal. Juara Grup A akan bertemu runner-up Grup B. Juara Grup B akan bertemu runner-up Grup A. Babak semifinal hingga final akan digelar dengan sistem dua leg, kandang dan tandang

Aturan Penentu Klasemen

Pemain Timnas Indonesia U-16 saat melawan Filipina di Piala AFF U-16

Photo :
  • instagram.com/pssi

Piala AFF 2022 akan dimulai dengan babak kualifikasi grup yang dibagi menjadi dua grup. Nah, pada fase ini, berikut adalah fitur naik posisi di klasemen.

  • Jumlah poin
  • Selisih gol semua pertandingan
  • Jumlah gol yang dicetak

Jika ada dua tim atau lebih tetap sama setelah tiga kriteria di atas ditetapkan, maka naik posisi klasemen akan dihitung berdasarkan kriteria berikut:

  • Head to head tim terkait
  • Adu penalti (hanya jika tim imbang, dan mereka bertemu di laga terakhir)
  • Undian
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya