Daftar 3 Timnas di Piala Dunia 2022 yang Disanksi FIFA

Piala Dunia FIFA
Sumber :
  • santabanta

VIVA Bola – Tak lama lagi kita semua akan tahu siapa negara yang akan merengkuh gelar juara dunia di ajang Piala Dunia 2022 Qatar. Dari semua pertandingan yang sudah dijalani, terdapat lika-liku menarik dalam perhelatan turnamen ini. Salah satunya sejumlah sanksi yang dijatuhkan FIFA kepada beberapa tim dan pemain yang dianggap melanggar regulasi yang berlaku.

Warga Iran Kini Dapat Kembali Berangkat Umrah Setelah 9 Tahun, Hal Ini Jadi Penyebabnya

Piala Dunia 2022 Qatar, Stadion Ahmad Bin Ali

Photo :
  • Instagram: la_info_delfutbol

Nah, siapa saja pemain dan tim Piala Dunia 2022 yang telah mendapat sanksi FIFA hingga saat ini? Simak ulasannya sebagai berikut:

Houthi Tuding Arab Saudi hingga Rusia, China dan Iran Mulai Satukan Kekuatan

Timnas Serbia

Pemain Timnas Serbia, Aleksandar Mitrovic rayakan gol.

Photo :
  • AP Photo/Ricardo Mazalan
Serang Israel, Uni Eropa Bakal Jatuhi Iran Sanksi

Timnas Serbia disanksi usai sebuah foto ruang ganti mereka jelang laga kontra Brasil beredar di media sosial. Di sana terpampang peta Kosovo yang diwarnai corak bendera Serbia. Bendera tersebut juga terlihat dibentangkan oleh seorang suporter Serbia di stadion.

Akibatnya, Federasi Sepakbola Kosovo (FKK) mendesak FIFA untuk menyelidiki lebih lanjut masalah ini. FIFA pun akhirnya menjatuhkan denda sebesar 20 ribu Franc Swiss atau setara dengan Rp334,3 juta kepada Federasi Sepakbola Serbia (FSS).

Konflik Serbia-Kosovo sudah berlangsung sejak tahun 1990-an dan hingga kini belum juga terselesaikan dengan tuntas. Kedua belah pihak sempat membuat kesepakatan damai sementara dan perbatasan kedua negara dijaga ketat Pasukan Perdamaian PBB.

Duel Timnas Arab Saudi vs Meksiko

Photo :
  • AP Photo/Moises Castillo

Arab Saudi sempat mengejutkan dunia kala mengalahkan Argentina 2-1 pada laga perdana Grup C Piala Dunia 2022. Sayangnya, Arab Saudi ternyata dicap sebagai tim yang paling sering melakukan pelanggaran.

Tim asuhan Herve Renard ini tercatat berperilaku buruk dan memperoleh enam kartu kuning dalam laga melawan Argentina. Pada laga terakhir melawan Meksiko, Arab Saudi kembali membukukan enam pelanggaran berat yang berujung kartu kuning.

Dilansir Africannews, perilaku buruk itu mendorong FIFA untuk memberikan denda kepada Federasi Sepakbola Arab Saudi (SAFF) sebesar 15 ribu Franc Swiss atau setara dengan Rp250,6 juta per pertandingan. Berarti total denda yang harus dibayar SAFF adalah 30 ribu Swiss Franc atau setara dengan Rp501,2 juta).

Timnas Kroasia merayakan gol di Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Aijaz Rahi

Timnas Kroasia mendapat sanksi akibat ulah suporternya yang mengeluarkan kalimat diskriminatif kepada kiper Kanada keturunan Serbia, Milan Borjan. Momen itu terjadi ketika Kroasia bertemu Kanada di babak penyisihan Grup F.

Pada laga itu, suporter Kroasia menampilkan spanduk yang secara spesifik menyasar Borjan. Spanduk itu menunjukkan logo sebuah perusahaan traktor. Namun, dalam spanduk itu terpampang jelas tulisan Borjan, Knin (kota kelahiran sang kiper), dan 1995 (tahun kelahirannya).

Dilansir Balkan Insight, spanduk tersebut bertujuan mengingatkan Borjan soal insiden Operasi Storm yang mengharuskan keluarganya mengungsi dari Knin tahun 1995. Kala itu, pasukan separatis Kroasia melancarkan genosida terhadap warga etnis Serbia di teritorinya.

Warga Serbia terpaksa mengendarai traktor untuk meninggalkan desanya. Akibat insiden ini, FIFA menjatuhkan denda kepada Federasi Sepakbola Kroasia (HNS) sebesar 50 ribu Franc Swiss atau senilai Rp835,7 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya