Maroko Hidupkan Kembali Rencana Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Bersama Spanyol dan Portugal

Fans Maroko
Sumber :
  • Dohanews.com

VIVA BolaGagasan bahwa Maroko dapat menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2030 dengan negara tetangga dekat Spanyol dan Portugal tampak agak gila ketika dilontarkan empat tahun lalu. Tapi sepertinya ide ini tidak terlalu gila sekarang.

Geser Lionel Messi, Pemain Timnas Indonesia Ini Masuk Daftar Top Skor Kualifikasi Piala Dunia

Maroko telah memperoleh reputasi di FIFA dan kredibilitas dengan fans usai menyingkirkan Spanyol dan kemudian Portugal di babak knockout untuk menjadi tim Afrika pertama yang melaju ke semifinal Piala Dunia.

Ada prospek jangka panjang untuk tim nasional dengan fondasi yang kokoh. Ada perekrutan yang kuat dari diaspora Maroko di Eropa, ditambah dengan pemain lokal yang diasuh di pusat pelatihan kelas dunia dekat Rabat.

Geser Malaysia dan Singapura, Rangking FIFA Timnas Indonesia Melesat

Meskipun belum ada proposal untuk membuat tawaran tuan rumah Piala Dunia multikontinen pertama, kepala federasi sepakbola Maroko masih percaya pada konsep tersebut.

“Kami ingin organisasi ini dibagi antara benua Afrika dan benua Eropa,” kata Fouzi Lekjaa kepada The Associated Press dalam sebuah wawancara di hotel tim, pekan ini.

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

“Untuk menunjukkan kepada dunia bahwa hubungan Afrika dan Eropa bukan hanya hubungan imigrasi ilegal dan perang melawannya,” kata Lekjaa. “Sebaliknya, ini adalah hubungan di mana peradaban dapat bertemu dan budaya bertemu.”

Selebrasi sujud syukur pemain Timnas Maroko

Photo :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

Bahwa Maroko dan Spanyol sangat dekat secara geografis - "Kami hanya berjarak 14 kilometer (kurang dari 10 mil)," kata Lekjaa. Dan ini menjadi daya tarik utama dari setiap penawaran bersama seperti pada tahun 2018.

Begitu juga dukungan Raja Mohammed VI yang segera meminta tawaran Piala Dunia baru ketika Maroko kalah dalam pemilihan tuan rumah turnamen 2026 karena rencana Amerika Serikat-Kanada-Meksiko yang sangat diminati. Yang terbaru dari serangkaian kekalahan tawaran Maroko adalah pemungutan suara 134-65 oleh federasi anggota FIFA di Moskow menjelang Piala Dunia terakhir.

Apa yang telah berubah sejak 2018?

Lekjaa, seorang menteri pemerintah yang bertanggung jawab atas anggaran negara, kini memiliki pengaruh lebih besar di FIFA sebagai delegasi terpilih Afrika di Dewan yang berkuasa sejak bergabung tahun lalu. Dia jelas memiliki hubungan baik dengan presiden FIFA Gianni Infantino mengingat bahwa memegang pekerjaan pemerintah pernah menjadi penghalang bagi kandidat untuk menghindari potensi konflik kepentingan.

“Sekarang kami berusaha menjadi pemain kunci dalam dimensi internasional di dalam FIFA,” aku Lekjaa.

Apa yang tampaknya mungkin dalam politik sepakbola juga berubah selama pandemi COVID-19, dengan kejuaraan kontinental ditunda ditambah tuan rumah dan tanggal yang dijadwalkan diubah dalam waktu singkat.

Warga Palestina ikut merayakan keberhasilan Timnas Maroko di Piala Dunia 2022.

Photo :
  • AP Photo/Fatima Shbair

Badan sepakbola Eropa UEFA dengan tegas menentang pada 2018 untuk mengajukan penawaran bersama dengan benua lain.

Namun, Eropa dan Afrika bergabung untuk memiliki 109 dari 211 anggota voting FIFA dan ada politik yang jelas terlibat di Ukraina bergabung dengan tawaran Spanyol-Portugal pada bulan Oktober.

FIFA belum menentukan jadwal dan aturan penawaran menuju keputusan tuan rumah yang diharapkan pada tahun 2024 untuk Piala Dunia 2030.

Infantino juga melakukan pembicaraan dengan para pemimpin politik yang memicu spekulasi tawaran tiga benua yang tidak mungkin dilakukan oleh Arab Saudi dan juga termasuk Mesir dan Yunani. Sebagai perbandingan, menyatukan Spanyol, Portugal, dan Maroko terlihat lebih logis.

Peringatan 100 tahun Piala Dunia jatuh pada tahun 2030, dan tuan rumah asli tahun 1930, Uruguay, bersama-sama menawar untuk itu dengan Argentina, Cile, dan Paraguay. Badan sepakbola Amerika Selatan CONMEBOL hanya memiliki 10 suara di FIFA.

Pengaruh Global Maroko

Warga Maroko di Kota Madrid merayakan kemenangan timnas mereka atas Spanyol.

Photo :
  • AP Photo

Maroko juga membangun pengaruh dalam sepakbola Afrika dan mendapatkan fans secara global untuk Pusat Sepakbola Mohammed VI senilai $65 juta, yang merupakan pusat pelatihan bagi para pemain, pelatih, wasit, dan ofisial.

“Kebijakan Maroko telah menjadikan kami mitra penting bagi semua negara Afrika. Kami hadir dalam kemitraan dalam uang dan bisnis, dan juga dalam olahraga,” kata Lekjaa.

Di bawah kepemimpinannya sejak 2014, Federasi Sepakbola Maroko mencoba memprofesionalkan manajemen di klubnya, memasang lebih banyak lapangan rumput alami, dan membuat basis pelatihan pemuda regional.

Tim yang berbasis di Casablanca Wydad, dilatih oleh Walid Reragui, mendapat manfaat dari strategi ini, memenangkan Liga Champions Afrika pada bulan Mei 2022 lalu.

Reragui dilantik sebagai pelatih timnas Maroko tiga bulan kemudian, dengan Lekjaa menekankan bahwa timnas yang mengalahkan Portugal di babak perempatfinal menampilkan tujuh pemain dari klub lokal Maroko.

“Tidak ada alasan bagi tim Eropa untuk lebih baik dari kami,” kata Lekjaa. “Mereka sekarang lebih baik dari kami karena mereka bekerja secara profesional, dan inilah yang kami cari.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya