Akhir Kisah Sergio Busquets Bersama Timnas Spanyol

Kapten Timnas Spanyol, Sergio Busquets sedih usai timnya didepak Maroko.
Sumber :
  • AP Photo

VIVA Bola – Sergio Busquets mengakhiri kisah dengan Timnas Spanyol. Gelandang asal klub Barcelona itu memutuskan untuk pensiun usai tampil di Piala Dunia 2022.

Bicara Kekalahan dari Madrid, Bek Barcelona Silang Pendapat dengan Xavi

Busquets memutuskan pensiun dari pentas internasional pada Jumat malam WIB 16 Desember 2022. Selama 15 tahun, dia sudah membela Spanyol.

"Saya ingin mengumumkan bahwa setelah hampir 15 tahun dan 143 pertandingan, saatnya telah tiba untuk mengucapkan selamat tinggal kepada tim nasional," kata Busquets.

Real Madrid Vs Barcelona Seperti Final LaLiga

Gelandang Timnas Spanyol, Sergio Busquets

Photo :
  • Eurosport

Busquets menjadi pemain terakhir dari skuad Spanyol di Piala Dunia 2010 yang pensiun. Ketika itu mereka berhasil menjadi juara.

Dikalahkan Real Madrid, Kiper Barcelona Kecam LaLiga

Selama membela Spanyol, bukan cuma Piala Dunia 2010 yang bisa dimenangkannya bersama Spanyol. Pada EURO 2012, gelar juara juga berhasil didapatkan.

Pada Piala Dunia 2022, Busquets dipercaya menjadi kapten oleh pelatih Luis Enrique. Sayangnya, Tim Matador harus gugur di babak 16 besar usai kalah dari Timnas Maroko.

Sergio Busquets

Photo :

Meski begitu, Busquets masih merasa bangga bisa menjadi bagian dari Spanyol. Prestasi tertinggi hingga ban kapten yang ada di lengannya memberi warna tersendiri dalam perjalanan karier.

"Merupakan suatu kehormatan untuk mewakili tim nasional dan membantu mengangkatnya lebih tinggi, menjadi juara Eropa dan Dunia. Menjadi kapten dan telah memainkan begitu banyak pertandingan dengan tingkat kesuksesan tertentu dan selalu berusaha melakukan yang terbaik." tulis Busquets.

Busquets memulai debut bersama Tim Matador pada 2009. Ketika itu Vicente del Bosque yang menjadi pelatih. Hingga akhirnya memilih pensiun, perannya dalam tim sangat vital.

Sebagai pemain tengah, tandem Busquets terus berganti. Tapi dia selalu bisa memberi warna tersendiri dalam tim, sehingga para pelatih nyaman mengandalkannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya