Argentina Juara Piala Dunia, Kampung Halaman Messi 'Pecah'

Fans Timnas Argentina rayakan keberhasilan Messi Cs juara Piala Dunia 2022.
Sumber :
  • AP Photo

VIVA BolaJalan-jalan di kampung halaman Lionel Messi di Rosario 'meledak' dalam perayaan setelah Timnas Argentina mengalahkan Timnas Prancis di final untuk memenangkan gelar Piala Dunia ketiganya, akhir pekan lalu, Minggu 18 Desember 2022.

Profil Timnas Jerman, Tuan Rumah Ingin Kembalikan Nama Besar di Piala Eropa 2024

“Kami juara, itulah yang kami inginkan, lebih dari apapun untuk (Messi) dan untuk seluruh tim,” kata Santiago Ferraris, 25 tahun, seperti dilansir Asociated Press, Senin 19 Desember 2022.

Tiga gol Argentina dalam hasil imbang 3-3, dua di antaranya dicetak oleh Messi, pemain kelahiran Rosario dan memulai karir di klub lokal Newell's Old Boys. Sementara satu gol lainnya dicetak Angel Di Maria, yang pernah bermain di tim lokal rival Rosario Central.

Timnas Indonesia Gagal ke Olimpiade Paris 2024, AFC: Akhir yang Memilukan

Rosario, seperti daerah lainnya di Argentina, lumpuh selama pertandingan sengit yang berakhir dengan adu penalti, yang dimenangkan Argentina 4-2.

Puluhan ribu orang turun ke National Flag Memorial, simbol kota terbesar ketiga Argentina, untuk merayakan kemenangan Argentina. Orang-orang mulai berdatangan segera setelah Messi mengangkat trofi internasional dan masih berada di sana sampai malam.

Profil Ilaix Moriba, Mantan Setim Messi di Barcelona Bisa Bahayakan Timnas Indonesia

Persaingan sepakbola lokal antara Central dan Newell's dikesampingkan pada hari Minggu lalu karena tampaknya seluruh kota merayakan kemenangan tim nasional.

Fans Argentina rayakan gelar juara Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Gustavo Garello

“Ini gila. Itu melampaui harapan saya dengan begitu banyak orang pada gelombang yang sama, semua orang merayakannya. Itulah yang paling indah hari ini,” kata Jeremias Regolo, 26, yang ikut perayaan di National Flag Memorial.

Micaela Junco, 28 tahun, mengatakan kemenangan itu terasa istimewa baginya karena itu adalah gelar Piala Dunia pertama dalam hidupnya. Terakhir kali Argentina menjuarai turnamen tersebut adalah pada tahun 1986.

“Sungguh perasaan yang luar biasa bagi Argentina untuk menang, bagi kami semua untuk bergerak ke arah yang sama,” kata Junco. “Menjadi yang terbaik di dunia tak ternilai harganya.”

Junco merasa “bangga” dengan peran kunci yang dimainkan Di Maria dan Messi dalam pertandingan “karena mereka berasal dari Rosario. Kami memiliki pemain terbaik di sini di Rosario.”

Keberhasilan timnas juga membuat publik Argentina sedikit melupakan kekhawatiran mereka yang pada saat ini menderita salah satu tingkat inflasi tertinggi di dunia, hampir 100 persen setiap tahun.

“Argentina pantas mendapatkan kebahagiaan ini, melebihi semua hal buruk yang terjadi di negara ini,” kata Rodrigo Medina, 21 tahun. “Anak-anak Rosario selalu menunjukkan bahwa mereka siap menghadapi tantangan.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya