5 Fakta Menarik Sepanjang Gelaran Piala Dunia 2022, Tim Pendukung LGBT Pulang Lebih Dulu

Lionel Messi kenakan jubah hitam
Sumber :
  • Twitter @ZachLowy

VIVA Bola - Piala Dunia 2022 telah berakhir dan Timnas Argentina keluar sebagai Juara pasca menumbangkan Timnas Prancis lewat adu penalti dengan skor (4-2) setelah bermain imbang 3-3.

Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024

Dalam laga tersebut, Timnas Argentina mampu unggul terlebih dahulu melalui tendangan penalti Lionel Messi. Berikut beberapa fakta menarik sepanjang gelaran Piala Dunia 2022, sebagai berikut:

1. Lionel Messi Terpilih Sebagai Pemain Terbaik

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Kapten Timnas Argentina, Lionel Messi mencium trofi Piala Dunia 2022.

Photo :
  • AP Photo/Martin Meissner

Lionel Messi terpilih menjadi pemain terbaik di Piala Dunia 2022. Gelar tersebut merupakan yang kedua kalinya bagi pemain PSG tersebut setelah sebelumnya didapatkan pada Piala Dunia 2014. Selain itu, Lionel Messi menempati urutan kedua sebagai pencetak gol terbanyak dengan menorehkan enam gol dua gol di antaranya diciptakan pada babak final.

Pengadilan Tinggi Dominika Batalkan Larangan Hubungan Sesama Jenis

2. Kylian Mbappe Menjadi Top Skor

Bomber Timnas Prancis, Kylian Mbappe

Photo :
  • AP Photo/Natacha Pisarenko

Meskipun Kylian Mbappe gagal membawa Timnas Prancis meraih Piala Dunia 2022. Namun ia mampu tampil luar biasa, bomber PSG tersebut berhasil keluar sebagai pencetak gol terbanyak yaitu dengan delapan gol. Tiga gol diantaranya dicetak saat pertandingan final.

Selain itu, Timnas Prancis berhasil melepaskan kutukan sebagai juara bertahan yang tidak akan lolos ke babak 16 besar. Nyatanya Timnas Prancis mampu melaju ke babak final meskipun pada Piala Dunia sebelumnya berstatus juara bertahan.

3. Timnas Maroko Menciptakan Sejarah

Timnas Maroko tetap sujud syukur meski kalah dari Kroasia di perebutan posisi 3

Photo :
  • AP Photo/Pavel Golovkin

Tidak ada yang menyangka Timnas Maroko bisa melaju ke babak semifinal Piala Dunia 2022. Timnas Maroko keluar sebagai juara empat setelah dikalahkan Timnas Kroasia dalam perebutan juara ketiga.

Timnas Maroko telah mencetak sejarah di Piala Dunia 2022, sebagai negara pertama di Benua Afrika dan di jazirah Arab yang mampu melaju ke semifinal. Langkah Timnas Maroko melaju ke babak semifinal bukan suatu hal yang mudah. Hakim Ziyech dan kawan-kawan berhasil menumbangkan tim-tim unggulan seperti Spanyol dan Portugal.

4. Timnas Argentina Sempat Diragukan

Lionel Messi antar Timnas Argentina juara Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Martin Meissner

Timnas Argentina mengalami laga pembuka dengan tidak menyakinkan setelah kalah 1-2 atas Arab Saudi. Kekalahan ini banyak yang meragukan bahwa Timnas Argentina tidak akan mampu bertahan lama di Piala Dunia 2022.

Namun pada pertandingan keduanya di babak fase grup, Lionel Messi dan kawan-kawan mampu bangkit dan berhasil lolos ke babak 16 besar. Bukan hanya sampai disana, Timnas Argentina mampu keluar sebagai juara Piala Dunia 2022.

5. Kontroversi Timnas Jerman

Pemain Timnas Jerman protes atas larangan ban kapten One Love oleh FIFA

Photo :
  • AP Photo/Ricardo Mazalan

Timnas Jerman di Piala Dunia 2022 tidak mampu berbuat banyak setelah gagal lolos ke babak 16 besar di Piala Dunia tahun ini setelah berada di peringkat ketiga dalam babak fase grup dan harus pulang terlebih dahulu.

Kontroversi yang dilakukan Timnas Jerman adalah melakukan dukungan terhadap komunitas LGBT dan memaksa ingin menggunakan ban kapten warna pelangi dan bertuliskan 'One Love'. Atas kejadian tersebut, banyak yang mengkritik Timnas Jerman yang mencampuradukkan antara politik dengan sepakbola. Selain itu, pemerintah Qatar dan FIFA juga sudah melarang segala bentuk dukungan terhadap komunitas LGBT selama Piala Dunia 2022 berlangsung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya