5 Pemain yang Torehkan Catatan Menarik di Piala Dunia 2022

Penyerang Timnas Arab Saudi, Salem Al-Dawsari
Sumber :
  • AP Photo/Luca Bruno

VIVA Bola – Ada lima pemain yang memiliki catatan menarik di Piala Dunia 2022. Karena hal tersebut, nama mereka sempat menjadi sorotan sepanjang pesta sepakbola empat tahunan di Qatar ini berjalan.

Legenda Timnas Indonesia dari Piala Dunia hingga Juara SEA Games Rayakan HUT PSSI

Catatan menarik ini membuat Piala Dunia 2022 menjadi lebih berwarna. Berikut kami sajikan, dikutip dari berbagai sumber.

1. Satu-satunya Gol yang Membungkam Argentina

Klasemen Grup A Piala Asia U-23 dan Skenario Timnas Indonesia U-23 Tembus Perempat Final

Lionel Messi usai Argentina vs Arab Saudi

Photo :
  • AP Photo/Luca Bruno

Timnas Argentina keluar sebagai juara Piala Dunia 2022. Sejak dari fase grup hingga final, total gawang Tim Tango yang dikawal Emiliano Martinez bobol sebanyak tujuh kali.

Gol Menit 103, Qatar Lolos Perempat Final Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Yordania

Tapi, dari semua gol yang bersarang tersebut, cuma ada satu yang bisa membuat Argentina gigit jari. Itu dilakukan oleh pemain Timnas Arab Saudi, Salem Al-Dawsari.

Salem mencetak gol kedua Arab Saudi ke gawang Argentina dalam laga perdana Grup C Piala Dunia 2022. Dengan gol tersebut, timnya menang 2-1 atas Argentina.

Itu menjadi satu-satunya gol yang bisa membuat Argentina mengalami kekalahan di Piala Dunia 2022.

2. Pencetak Gol Termuda

Gavi dalam laga Spanyol vs Kosta Rika di Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Pavel Golovkin

Gelandang Timnas Spanyol, Gavi menjadi pencetak gol termuda di Piala Dunia 2022. Dia membobol gawang Timnas Kosta Rika saat bertemu di laga perdana Grup E.

Laga tersebut dimenangkan oleh Spanyol dengan skor 7-0. Gavi menjadi pencetak gol kelima La Furia Roja ke gawang Kosta Rika.

Gol tersebut dicetak oleh Gavi ketika usianya 18 tahun 110 hari. Jika ditarik ke sepanjang sejarah Piala Dunia, dia cuma kalah dari legenda Brasil, Pele.

Pele mengukir rekor sebagai pencetak gol termuda saat usianya 17 tahun 249 hari. Saat itu dia tampil di Piala Dunia 1958 melawan Swedia.

3. Gol Pertama Timnas Qatar di Piala Dunia

Pemain Qatar rayakan gol Mohammed Muntari

Photo :
  • AP Photo/Darko Bandic

Timnas Qatar untuk kali pertama tampil di Piala Dunia. Mereka bisa merasakan pentas bergengsi ini karena menjadi tuan rumah.

Tergabung di dalam Grup A, Qatar selalu kalah dalam tiga pertandingan. Mereka menyerah dari Ekuador, Senegal, dan Belanda.

Dalam tiga pertandingan tersebut, Qatar sekali mencetak gol ke gawang lawan, dan kebobolan sebanyak tujuh kali. Satu-satunya gol dicetak ke gawang Senegal oleh Mohammed Muntari.

Gol tersebut membuat Muntari tercatat dalam sejarah Qatar. Karena dia menjadi pemain pertama yang bisa mencetak gol di ajang Piala Dunia bagi Qatar.

4. Robert Lewandowski Pecahkan Kebuntuan

Striker Timnas Polandia, Robert Lewandowski

Photo :
  • AP Photo/Manu Fernandez

Di level klub, Robert Lewandowski adalah mesin gol. Dia amat ditakuti oleh para bek lawan, karena naluri gol begitu tajam.

Namun di ajang Piala Dunia, Lewandowski belum teruji ketajamannya. Dia pertama kali tampil di edisi 2018. Tampil tiga laga, tak satu gol pun dia cetak.

Pada Piala Dunia 2022, Lewandowski jadi sorotan. Kebuntuannya belum juga terpecahkan saat laga perdana Grup C melawan Meksiko. Padahal dia punya peluang emas lewat penalti, tapi gagal.

Baru pada laga kedua melawan Arab Saudi, Lewandowski mencetak satu gol. Gol kedua pemain asal klub Barcelona tersebut hadir di babak 16 besar melawan Prancis.

5. Hattrick Laga Final Piala Dunia

Timnas Argentina vs Timnas Prancis di final Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

Kylian Mbappe berhasil mencetak hattrick pada final Piala Dunia 2022. Namun sayang, Timnas Prancis harus mengakui keunggulan Argentina setelah melalui adu penalti.

Hattrick Mbappe itu menyamai catatan apik 56 tahun lalu. Di mana penyerang Inggris, Sir Geoffrey Charles Hurst melakukannyta ke gawang Jerman Barat.

Bedanya, Hurst keluar sebagai pemenang karena Inggris unggul 4-2. Sementara Mbappe harus menerima kenyataan menjadi runner up.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya