3 Pesepak Bola Berdarah Indonesia yang Bela Negara Lain di Piala AFF 2022

Penyerang Timnas Singapura, Irfan Fandi
Sumber :
  • AFF

VIVA Bola – Sekitar 3 pemain sepak bola yang berdarah Indonesia tapi memilih untuk membela negara lain di Piala AFF 2022. Hal ini membuktikan bahwa pemain keturunan Indonesia bukan hanya tersebar di Eropa, tapi juga di kawasan Asia Tenggara. Nah, untuk kamu yang penasaran berikut ulasan selengkapnya yang dirangkum dari berbagai sumber. 

Bansos Disoalkan, Airlangga Bandingkan dengan Negara Lain: Lebih Rendah dari India hingga Amerika

1. Ilhan Fandy (Singapura)

Desas-desus Man Utd Rekrut Morten Hjulmand

Ilhan Fandi adalah seorang penyerang andalan Singapura di Piala AFF 2022 kali ini. Dari dua penampilan di Piala AFF 2022, penyerang akan gabung di klub kasta kedua Liga Belgia, KMSK Deinze pada Januari 2023 itu sudah mengemas satu gol. 

Shin Tae-yong Fokus Penguatan Kekompakan Timnas Indonesia U-23 dalam Uji Coba di Dubai

Sementara darah Indonesia di tubuh Fandy mengalir dari sang ayah yang bernama Fandi Ahmad. Darah Indonesia didapat oleh Fandi Ahmad dari ayahnya, Ahmad Wartam yang merupakan seorang pria berasal dari Pacitan, Jawa Timur. 

2. Irfan Fandi (Singapura)

Penyerang Timnas Singapura, Irfan Fandi

Photo :
  • AFF

Pemain berikutnya adalah Irfan Fandi. Bek Timnas Singapura satu ini adalah kakak kandung dari Ilhan Fandi. Irfan Fandi juga berstatus sebagai kakak dari bomber Timnas, Singapura, Ikhsan Fandi, yang absen di Piala AFF 2022 lantaran cedera. 

Irfan Fandi saat ini berstatus sebagai bek klub raksasa Liga Thailand, BG Pathum United. Pengalaman bermain di Thailand membuat kualitas Irfan Fandi benar-benar bermanfaat untuk skuad The Lions tersebut. 

3. Taufik Suparno (Singapura)

Pemain terakhir yang membela negara lain adalah Taufik Suparno. Secara nama, Taufik Suparno sangat identik dengan Indonesia. Usut punya usut, Taufik Suparno berdarah Indonesia dari sang ayah yang menikah dengan wanita Singapura. 

Saat ini, Taufik Suparno merumput dengan salah satu klub kuat Liga Singapura, Tampines Rovers. Dari 33 penampilan bersama Tampines Rovers di sepanjang 2022, Taufik Suparno mengemas 15 gol dan enam assist. Karena aksi tersebut, Taufik Suparno yang biasa mentas sebagai winger kiri dipanggil untuk membela The Lions di Piala AFF 2022. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya