Filipina Vs Indonesia di Piala AFF Jadi Laga Spesial

Gelandang tim nasional Filipina, Stephan Schrock
Sumber :
  • journal.com.ph

VIVA Bola – Pertandingan pamungkas Grup A Piala AFF 2022 antara Filipina vs Indonesia di Rizal Memorial Stadium, Manila pada Senin malam WIB 2 Januari 2023 akan jadi spesial. Karena itu menjadi yang terakhir kali bagi Stephan Schrock membela Timnas Filipina.

Media Asing Beri Julukan untuk Timnas Indonesia U-23: Tim Pengacau

Menghadapi Timnas Indonesia kali ini, peluang Filipina untuk lolos ke semifinal sudah tidak ada. Mereka cuma mengantongi tiga poin dari tiga laga yang telah dilakoni di Grup A Piala AFF 2022.

Untuk bersaing dengan Thailand, Indonesia, dan Kamboja, tak ada lagi daya dari Filipina. Meski begitu, Schrock ingin laga terakhirnya ini dimainkan secara maksimal.

Resmi, PSSI Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong Hingga 2027

Pelatih Timnas Filipina, Josep Ferre (kiri)

Photo :
  • ANTARA/Michael Siahaan

"99,9 persen menjadi laga terakhir saya bersama timnas. Saya sudah memperkuat timnas selama 11 tahun dan ini sangat emosional bagi saya," kata Schrock, dikutip dari Antara.

Legenda Manchester United Ikut Buka Suara Soal Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Disebut Sukses

Schrock memutuskan gantung sepatu dari tim nasional di usia 36 tahun. Kapten tim berjuluk The Azkals itu sudah memberikan banyak kontribusi.

Pemain berdarah Jerman itu mengaku sempat membatalkan kontrak bernilai jutaan euro demi bisa gabung dengan skuad The Azkals.

Stephan Schrock

Photo :
  • Antara

Lalu ada juga pengorbanan darinya, seperti melewatkan ulang tahun semua anaknya, memindahkan hari pernikahan, hingga meninggalkan keluarga yang menderita COVID-19.

Karena itulah, dia menganggap saat ini waktu yang tepat untuk mundur dari skuad Filipina. Menghadapi Indonesia, dia akan coba untuk menikmatinya.

"Sudah waktunya saya untuk mundur dan menikmati 90 menit terakhir saya di The Azkals," tutur Schrock.

Memutuskan gabung dengan Filipina, Schrock juga berkarier dengan klub lokal. Dia sempat juara Liga Filipina sebanyak tiga kali bersama Ceres-Negros, dan sekali ketika membela United City.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya