Roberto Martinez Ungkap Timnas Portugal Masih Butuh Cristiano Ronaldo

Pelatih Timnas Portugal, Roberto Martinez
Sumber :
  • AP Photo/Ana Brigida

VIVA Bola – Manajer anyar Timnas Portugal, Roberto Martinez mengatakan bahwa Cristiano Ronaldo masih dibutuhkan berada di dalam skuad tahun ini. Menurutnya keputusan untuk mempertahankan Ronaldo lantaran sang pemain Al Nassr itu memiliki kontribusi besar untuk A Selecao.

Terpopuler: Shin Tae-yong Dipanggil Haji Lulung, Suporter Liverpool Protes

“Daftar 26 pemain dari Piala Dunia adalah titik awal saya dan Cristiano (Ronaldo) adalah pemain dalam daftar itu, dia telah bersama tim nasional selama 19 tahun dan dia pantas dihormati," kata Roberto Martinez, dikutip dari SportBible, Selasa 10 Januari 2023.

Cristiano Ronaldo diperkenalkan sebagai pemain Al Nassr

Photo :
  • AP Photo/Amr Nabil
Cristiano Ronaldo Ucapkan Selamat Idul Fitri Kepada Umat Islam di Dunia

Martinez akan mengawali kinerjanya sebagai pelatih dengan menyeleksi 26 pemain Portugal yang tampil di Piala Dunia 2022 lalu. Ronaldo adalah salah satu kandidat kuat pemain yang bakal masuk dalam tim besutannya.

“Cristiano Ronaldo adalah salah satunya. Ini adalah proses alami, tanggung jawabnya dan kerap membuat keputusan penting untuk tim,” jelas Martinez.

5 Negara dengan Pertumbuhan Populasi Terendah di Dunia

Selain Ronaldo, masih banyaknya pemain potensial di Timnas Portugal mengharuskan Roberto Martinez teliti sebelum memilih skuadnya. Ia mengatakan tak ingin sembarangan menyeleksi, sebab ini dapat mempengaruhi performa timnya nanti.

“Dari sini ada 54 pemain di lima liga terbesar yang berusia di bawah 28 tahun, ada Benfica dan FC Porto di Liga Champions. Dengan kata lain, tugas saya adalah memberikan kesempatan kepada setiap pemain dan menghormati semua orang yang sudah berada di tim nasional," ungkap Martinez.

Martinez akan memulai pekerjaannya sebagai juru taktik dalam waktu dekat. Pelatih asal Spanyol itu berambisi bakal menciptakan kekuatan tempur terbaik untuk Portugal terutama di kualifikasi Piala Eropa 2024 mendatang.

“Dari situlah untuk menciptakan, dalam sepuluh minggu, tim terbaik untuk pertandingan kami, untuk kualifikasi Kejuaraan Eropa. Hari ini adalah hari kepuasan," tandasnya.

Sebelum menangani Portugal, Roberto Martinez adalah pelatih Timnas Belgia sejak 2016. Bersama Belgia, Martinez telah mencatatkan 56 kemenangan, 13 hasil seri serta 10 kali kalah dalam 79 pertandingan lintas kompetisi.

Pengalaman Martinez di level tim nasional tentunya diharapkan bisa membawa dampak positif bagi Portugal. Ronaldo cs pada Piala Dunia 2022 hanya bisa mencapai perempat final usai ditekuk Maroko dengan skor 1-0.

Pelatih Timnas Belgia, Roberto Martinez

Photo :
  • AP Photo/Luca Bruno
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya