Piala AFF 2022: Timnas Thailand Melaju ke Final Untuk ke-10 Kalinya

Pemain Timnas Thailand, Bordin Phala rayakan gol ke gawang Malaysia
Sumber :
  • aseanfootball.org

VIVA Bola – Timnas Thailand dipastikan bersua Timnas Vietnam di final Piala AFF 2022. Sang juara bertahan menaklukkan Timnas Malaysia 3-0 dalam laga semifinal leg 2 di Thammasat Stadium, Selasa 10 Januari 2023.

Media Asing Sebut Penampilan Timnas Vietnam Jauh di Bawah Indonesia: Sangat Kontras

Kalah 0-1 di leg pertama, Thailand bangkit. War Elephants menggasak Malaysia lewat gol-gol Teerasil Dangda (19'), Bordin Phala (55'), Adisak Kraisorn (71'). Thailand melaju ke final dengan keunggulan agregat 3-1.

Ini merupakan final ke-10 Thailand sejak Piala AFF 1996. Hal ini disyukuri pelatih Thailand, Alexandre Polking.

M Tahir Mendunia! Sampai Diangkat Media Vietnam, tapi Netizen Salfok ke Rizky Ridho

"Terima kasih untuk semua orang yang datang hari ini. Untuk pertandingan hari ini, semuanya berjalan sesuai rencana," kata Polking dilansir ASEAN Football.

"Ini laga yang lebih sulit dibandingkan sebelumnya karena Malaysia menumpuk lebih banyak pemain di lini tengah. Tapi, pemain kami masih bisa mengontrol permainan," tegasnya.

Pelatih Korea Selatan Kritik Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Puji-puji Park Hang-seo

Duel Timnas Malaysia vs Thailand di semifinal Piala AFF 2022

Photo :
  • AP Photo/Vincent Thian

Sementara itu, pelatih Malaysia Kim Pan-gon memberikan selamat kepada Thailand. Dia meminta maaf kepada publik Malaysia karena gagal mengantarkan tim ke final.

"Thailand pantas berada di final. Saya berterima kasih kepada semua fans Malaysia yang datang ke sini untuk mendukung tim," kata Pan-gon.

"Saya minta maaf kepada publik Malaysia. Malam ini, kami kalah. Saya tak bisa bicara. Saya tetap mengapresiasi pemain apapun yang terjadi," lanjut pelatih asal Korea Selatan ini.

Dari 9 final sebelumnya, Thailand enam kali juara pada 1996, 2000, 2002, 2014, 2016, 2020. Tiga kali mereka menjadi runner up pada 2007, 2008 dan 2012.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya