Timnas Thailand Juara Piala AFF 2022

Thailand vs Vietnam final Piala AFF 2022
Sumber :
  • AP Photo/Kittinun Rodsupan

VIVA Bola – Leg kedua final Piala AFF 2022 Thailand vs Vietnam tersaji di Thammasat Stadium, Senin malam WIB 16 Januari 2023. Timnas Thailand keluar sebagai juara usai menang dengan skor 1-0.

Media Asing Sebut Penampilan Timnas Vietnam Jauh di Bawah Indonesia: Sangat Kontras

Dengan kemenangan leg kedua ini, secara agregat Thailand unggul 3-2 atas Timnas Vietnam. Pada pertemuan pertama di My Dinh Stadium, kedua tim main imbang 2-2.

Bermain di markas sendiri, Thailand memulai pertandingan dengan agresif. Skuad asuhan Alexandre Polking coba untuk memberi tekanan kepada Vietnam.

M Tahir Mendunia! Sampai Diangkat Media Vietnam, tapi Netizen Salfok ke Rizky Ridho

Thailand vs Vietnam final Piala AFF 2022

Photo :
  • AP Photo/Kittinun Rodsupan

Tekanan dari Thailand diladeni Vietnam dengan permainan disiplin. Tim berjuluk The Golden Stars coba untuk mencuri momentum dengan serangan balik.

Pelatih Korea Selatan Kritik Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Puji-puji Park Hang-seo

Pada menit 24, pendukung tuan rumah bersorak gembira. Tendangan keras dari luar kotak penalti yang dilepaskan oleh Theeraton Bunmathan bersarang mulus ke dalam gawang Vietnam.

Keunggulan tersebut memberi Thailand kepercayaan diri. Mereka coba mempertahankan keunggulan penguasaan bola sampai wasit meniup peluit tanda babak pertama usai.

Babak Kedua

Thailand vs Vietnam final Piala AFF 2022

Photo :
  • AP Photo/Kittinun Rodsupan

Vietnam yang tertinggal agregat gol coba untuk mengubah gaya bermain di babak kedua. Skuad asuhan Park Hang-seo lebih berani keluar dari area pertahanan.

Mereka mengandalkan sisi sayap dan umpan panjang ke lini depan untuk melancarkan serangan balik. Namun tidak mudah untuk memecah kebuntuan dengan cara itu.

Para pemain Thailand dengan sigap mampu untuk membendung serangan dari Vietnam. Mereka juga kerap memenangkan duel perebutan bola.

Sulit bagi Vietnam untuk bisa membongkar pertahanan yang digalang oleh Thailand. Upaya serangan yang mereka bangun kerap menemui kebuntuan.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan usai, keunggulan Thailand atas Vietnam dengan selisih satu gol tetap bertahan. Di pengujung laga, wasit memberi kartu kuning kedua kepada pemain Thailand, Peeradol Chamrasamee.

Vietnam harus merelakan gelar juara Piala AFF 2022 jatuh ke tangan Thailand. Bagi skuad Gajah Perang, ini adalah keberhasilan mempertahankan status yang pada edisi sebelumnya mereka juga jadi juara.

Susunan Pemain

Thailand: Kampon Phatomakkakul; Weerathep Pomphan (Sumanya Purisai 88'), Suphanan Bureerat, Sasalak Haiprakhon (Chalermsak Aukkee 90'), Kritsada Kaman, Pansa Hemviboon, Theerathon Bunmathan, Sarach Yooyen (Jakkapan Praisuwan 73'), Peeradol Chamrasamee, Poramet Arjvirai (Bordin Phala 72'), Adisak Kraisorn (Ekanit Panya 72').

Vietnam: Dang Van Lam; Bui Hoang Viet Anh (Do Duy Manh 46'), Vu Van Thanh (Nguyen Thanh Chung 68'), Nguyen Thanh Binh, Doan Van Hau, Que Ngoc Hai, Nguyen Tuan Anh (Nguyen Quang Hai 36'), Do Hung Dung (Nguyen Van Toan 75'), Nguyen Hoang Duc, Nguyen Tien Linh, Phan Van Duc (Pham Tuan Hai 46').

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya