Akhir Kisah Raphael Varane dengan Timnas Prancis, Mimpi Jadi Kenyataan

Raphael Varane
Sumber :
  • Wikimedia

VIVA Bola – Raphael Varane memutuskan pensiun dari Timnas Prancis. Dia mengumumkan keputusan ini pada Kamis malam WIB 2 Februari 2023. Keputusan yang mengejutkan, karena usianya masih 29 tahun.

Media AS Sorot Kemenangan Timnas Indonesia Atas Vietnam: Patut Mendapat Pujian

Varane adalah bagian dari skuad Prancis ketika menjuarai Piala Dunia 2018. Pada edisi berikutnya di Qatar, tim berjuluk Les Blues kandas di final dari Timnas Argentina melalui adu penalti.

Selama memberla Prancis, total sudah 93 penampilan yang dicatatkan Varane. Bek Manchester United tersebut menyumbangkan lima gol.

2 Pemain Timnas Indonesia Ini Pernah Hancurkan Skuad Erik Ten Hag

Raphael Varane

Photo :
  • instagram @raphaelvarane

"Mewakili negara kita yang hebat selama satu dekade telah menjadi salah satu kehormatan terbesar dalam hidup saya," kata Varane, dikutip dari Tribal Football.

Sindiran Menohok Justin Hubner Usai Indonesia Bantai Vietnam: Enteng!

"Setiap kali saya mengenakan jersey biru yang sangat istimewa ini, saya merasakan kebangaan yang luar biasa. Tugas untuk memberikan semuanya, bermain sepenuh hati, dan menang setiap kali kami tampil di lapangan," imbuhnya.

Keputusan pensiun dia ambil setelah melalui perenungan dalam beberapa bulan ini. Menurut dia, ini adalah waktu yang tepat untuk tak lagi ambil bagian di ajang internasional.

Varane menjadi pemain kedua Prancis yang memilih pensiun usai tampil di Piala Dunia 2022. Sebelum dia, sudah lebih dulu melakukannya Hugo Lloris.

Ketika Lloris memutuskan pensiun, banyak yang berharap Varane mengambil tongkat kapten. Karena dia menjadi salah satu yang senior dalam tim.

Dengan adanya keputusan ini, harapan publik melihat dia memimpin skuad Les Blues di ajang internasional sebagai kapten menjadi kandas. 

Sejak masih kecil, diakui Varane kemenangan Prancis pada Piala Dunia 1998 jadi inspirasinya. Dia berhasil mengulangi kesuksesan itu pada Piala Dunia 2018, dan amat membuatnya bangga.

"Sebagai seorang anak, saya ingin mengikuti Piala Dunia 98, tim ini, para pemainnya yang membaut kami mengalami emosi yang tak terlukiskan," tutur Varane.

"Saya bermimpi menjadi pahlawan dan 20 tahun kemudian saya menjalani salah satu pengalaman terbaik dalam hidup yang membuat bangga. Kami membawa pulang piala!"

"Saya tidak akan pernah melupakannya. Saya masih merasakan setiap emosi yang dirasakan pada hari itu, 15 Juli 2018. Itu adalah salah satu momen paling menakjubkan dan berkesan dalam hidup saya."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya