Philippe Troussier Jadi Pelatih Baru Timnas Vietnam Gantikan Park Hang-seo

Para pemain Timnas Vietnam merayakan gol
Sumber :
  • Van Yen

VIVA Bola – Federasi Sepakbola Vietnam (VFF) segera mengumumkan Philippe Troussier sebagai pelatih Timnas Vietnam yang baru.

Vinfast Jadi Armada Andalan Taksi Online

VFF mengatakan dalam pernyataannya bahwa kesepakatan telah dicapai dengan pria Prancis itu untuk melatih timnas senior dan timnas U-23, setelah kepergian pelatih timnas sebelumnya Park Hang-seo.

"Pemilihan untuk posisi ini dilakukan dengan sangat hati-hati oleh VFF dengan proses yang sangat ketat. VFF dan Tuan Philippe Trousier pada dasarnya telah mencapai konsensus dan persetujuan pada wewenang pekerjaan... Serta tujuan dan tugas-tugas pada masa yang akan datang," demikian pernyataan VFF lewat laman resmi federasi dikutip Jumat 17 Februari 2023.

Pemain Timnas Vietnam rayakan gol Nguyen Tien Linh

Photo :
  • AP Photo/Nguyen Manh Quan
Lebih Rendah dari Vietnam dan Filipina, Ekonomi Indonesia Diramal IMF Tumbuh Cuma 5 Persen

Trousier sebelumnya menangani timnas U-19 negara itu. Ia diperkirakan akan secara resmi diumumkan sebagai arsitek anyar timnas pada seremoni sebelum akhir bulan.

Vietnam berhasil lolos ke Piala Asia, yang akan dimainkan di Qatar pada awal tahun depan. Negara itu juga berhasil finis di posisi kedua pada Piala AFF bulan lalu, setelah kalah dari Thailand di laga final.

PSS Sleman Fokus ke 3 Laga Terakhir demi Hindari Degradasi

Pertandingan itu merupakan terakhir kalinya Park memimpin timnas Vietnam setelah memutuskan bahwa ia tidak akan memperpanjang kontraknya. Park menangani timnas Vietnam dan timnas U-23 mereka selama lebih dari lima tahun.

Troussier memiliki catatan impresif di sepak bola Asia. Ia membawa Jepang menjuarai Piala Asia pada 2000, kesuksesan itu pula yang membuatnya dinobatkan sebagai pelatih terbaik Asia pada tahun yang sama.

Dua tahun kemudian ia memimpin Jepang ke putaran 16 besar Piala Dunia, saat negara Matahari Terbit itu menjadi tuan rumah.

Ia juga pernah bekerja di timnas Qatar dan dua klub di Liga China, yakni Shenzen Ruby dan Hangzhou Greentown. Sebelum gemilang di Asia, Troussier mengawali karier kepelatihannya di Afrika, di mana ia pernah melatih Pantai Gading, Nigeria, dan Burkina Faso sebelum memimpin Afrika Selatan ke Piala Dunia 1998. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya