5 Fakta Menarik Duel Barcelona vs Manchester United

Barcelona vs Manchester United
Sumber :
  • AP Photo/Joan Monfort

VIVA Bola - Manchester United harus puas ditahan imbang oleh tuan rumah Barcelona dengan skor 2-2 dalam babak knockout leg pertama Liga Europa di Stadion Camp Nou pada Jumat dini hari tadi, 17 Februari 2023.

Erik ten Hag 'Kabur' dari Konferensi Pers Gegara Pertanyaan Ini

Dua gol Barcelona masing-masing ditorehkan Marcos Alonso (50)' dan Raphinha (76'). Semenetara dua gol Manchester United dibukukan Marcus Rashford (52') dan Jules Kounde (59' gol Bunuh diri).

Berikut beberapa fakta menarik Duel Barcelona vs Manchester United:

Sadis, Liverpool Kena Ejek Negara Rangking Terbawah FIFA

1. David De Gea Tampil Luar Biasa

Kiper Manchester United, David De Gea

Photo :
  • AP Photo/Ian Walton

Pemain MU Dapat Bocoran Erik Ten Hag Tidak Akan Bertahan

David De Gea Tampil luar biasa saat Manchester United meraih hasil imbang atas Barcelona. Ia tercatat sudah melakukan enam kali penyelamatan luar biasa, terlihat beberapa tendangan keras dari Robert Lewandowski dan Raphinha mampu ditepis serta ditangkap dengan baik. Meskipun harus kebobolan dua gol, namun murni bukan dari kesehatan pemain asal Spanyol tersebut.

2. Keuntungan Manchester United

Barcelona vs Manchester United

Photo :
  • AP Photo/Joan Monfort

Hasil ini membuat Manchester United memiliki keuntungan besar. Pada leg kedua nanti yang dijadwalkan pada tanggal 24 Maret 2023 nanti. Skuad asuhan Erik Ten Hag akan bermain di Old Trafford, dimana dalam lima pertandingan terakhir bermain di kandang, Manchester United tidak pernah meraih kekalahan.

Dalam laga leg kedua nanti, Manchester United hanya butuh meraih kemenangan, hasil imbang tanpa gol dan hasil 1-1, untuk memastikan klub asal Premier League tersebut bisa meraih satu tiket ke babak 16 besar Liga Europa.

3. Kedua Pelatih Gunakan Strategi Baru

Manajer Manchester United, Erik ten Hag

Photo :
  • AP Photo/Rui Vieira

Dalam laga tersebut, Barcelona melakukan beberapa perubahan strategi, seperti halnya Marcos Alonso yang biasa bermain sebagai bek sayap kiri, kini harus bermain sebagai bek tengan. Sedangkan Gavi yang posisi sebagai gelandang tengah, kini bermain sebagai penyerang sayap kiri.

Sementara di kubu Manchester United, Luke Shaw harus bermain sebagai bek tengah bersama Raphael Varane. Selain itu juga, Wout Weghorst bermain sebagai gelandang tengah, yang biasa bermain sebagai penyerang murni.

4. Erik Ten Hag Lakukan Satu Kali Pergantian

Winger Manchester United, Jadon Sancho

Photo :
  • AP Photo/Dave Thompson

Erik Ten Hag hanya melakukan satu kali pergantian pemain, padahal Manchester United telah membawa pemainnya sekitar 20. Erik Ten Hag menarik Jadon Sancho di menit ke 82 dan memasukan Alejandro Garnacho untuk meningkatkan intensitas penyerangan.

Padahal Erik Ten Hag bisa memasukan Harry Maguire ketika sedang unggal 2-1 dengan menarik Tyrell Malacia dan Luke Shaw menjadi bek kiri.

5. Manchester United Kehilangan Pemain Utama

Antony saat Manchester United vs Charlton di Piala Liga Inggris

Photo :
  • AP Photo/Dave Thompson

Manchester United berangkat ke Barcelona dengan tidak diperkuat oleh beberapa pemain utamanya, seperti Lisandro Martinez, Christian Eriksen, Antony Anthony Martial serta masih ada pemain lainnya. Meskipun begitu, Manchester United akhirnya mampu mengimbangi permainan Barcelona.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya