Sepakbola Indah Spanyol Selamatkan PD 2010

Timnas Spanyol
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Piala Dunia telah menginjak hari kelima, dan para suporter fanatik bola benar-benar butuh sentuhan karya seni Spanyol untuk mengeringkan dahaga. Karena belum ada tim yang memainkan sepakbola indah.

Jerman telah unggul, Argentina membuat mata tak berkedip, dan ada beberapa momen bagus di sana-sini.  Tapi, itu semua hanyalah awal dari permainan yang sebenarnya.  Kini, semua mata menunggu turunnya La Furia Roja dengan umpan-umpan tik-tak dan gaya permainan indah mereka.

Dalam kondisi terbaik, Spanyol memang telah memukau penggila bola selama dua tahun terakhir ini.  Mereka datang ke perhelatan Piala Dunia sebagai tim favorit bersama Brasil.  Hal itu tak mengherankan, mengingat tim yang beberapa tahun lalu tidak diperhitungkan ini, mendadak memukau publik pada Euro 2008.

Saat itu, Spanyol menjadi begitu hidup.  Mereka bermain luar biasa, sampai-sampai terbentuk opini publik bahwa Tim Matador memainkan jenis sepakbola yang berbeda.  Spanyol bermain dengan filosofi unik.  Di mata mereka, memberikan bola begitu saja adalah sesuatu yang tidak termaafkan.  Bagi La Furia Roja, bermain bola adalah tentang mempertahankan hak milik, dan memainkannya secepat dan seakurat mungkin.

Spanyol pun memiliki pemain-pemain yang mendukung gaya bermain semacam itu.  Sebut saja Xavi sang maestro, dan Andrés Iniesta.  Xavi yang sangat mungkin menjadi bintang pertandingan malam ini, dijuluki ‘maqu’ (mesin) di klubnya, Barcelona. 

Ia bergerak dengan halus.  Harian Spanyol, El Mundo Deportivo, mendeskripsikan dirinya bermain dengan ‘penuh keagungan.’  Ia bagaikan memainkan pertunjukan yang tak pernah habis.

Malam ini di Durban, La Furia Roja akan menuntaskan kerinduan penggemar mereka akan sepakbola indah.  Bukan tak mungkin, Spanyol akan seperti memainkan orkestra yang indah.  Seperti yang dikatakan tabloid olahraga Marca minggu lalu, “Spanyol adalah yang terbaik di dunia.  Kini saat untuk membuktikannya.” 

Kapten dan kiper Spanyol, Iker Casillas, juga penuh optimisme.  “Kami memiliki para pemain luar biasa.  Bahkan mereka yang berada di bangku cadangan merupakan pemain hebat,” tandasnya. (one)

Perjuangan Dinda Kanyadewi Main Film Badarawuhi di Desa Penari, Make Up sampai 6 Jam
Prabowo Subianto, Airlangga Hartarto, Zulkifli Hasan

Prabowo Ingin Bentuk 'Executive Heavy" dengan Rangkul Semua Parpol, Kata Peneliti BRIN

Pengamat politik yang merupakan Peneliti Utama BRIN menyebut upaya Prabowo Subianto untuk merangkul parpol lain non-pendukungnya, sesuai dengan janji kampanyenya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024