Lukaku Bikin Ibrahimovic Bertekuk Lutut

Striker Timnas Belgia, Romelu Lukaku merayakan gol.
Sumber :
  • AP Photo

VIVA Bola - Timnas Belgia memulai Kualifikasi Piala Eropa 2024 dengan kemenangan telak 3-0 atas Timnas Swedia dalam laga perdana Grup F di Friends Arena, Swedia, Sabtu dini hari WIB 25 Maret 2023. 

Kylian Mbappe Ngebet Bertemu Jerman di Final Piala Eropa 2024: Kami Haus Kemenangan

Striker Romelu Lukaku memborong seluruh gol dalam pertandingan ini. Sedangkan penyerang timnas Swedia, Zlatan Ibrahimovic memecahkan rekor pemain tertua yang tampil di kualifikasi Piala Eropa.

Zlatan tampil di usia 41 tahun, lima bulan dan 21 hari. Dia memecahkan rekor mantan kiper timnas Italia Dino Zoff saat bermain melawan Swedia di usia 41 tahun, tiga bulan dan satu hari pada 1983.

Piala Eropa dan Olimpiade Picu Lonjakan Penjualan TV Layar Besar

Dilansir laman resmi UEFA, kemenangan ini membuat Belgia berada di peringkat kedua Grup J dengan tiga angka, mereka berada di bawah Austria yang mengumpulkan poin sama. Sementara, Swedia di posisi juru kunci dengan tanpa poin.

Meski bermain sebagai tamu, Belgia tampil lebih dominan dan menekan Swedia sejak pertandingan dimulai.

Timnas Inggris Dikritik Akibat Bawa Kiper Cadangan Arsenal ke Euro 2024

Usaha Belgia membuahkan gol pada menit ke-35. Sebuah umpan silang Dodi Lukebakio dari sisi kanan bisa disundul oleh Romelu Lukaku di kotak penalti yang gagal diantisipasi kiper Robin Olsen. Skor menjadi 1-0.

Striker veteran Timnas Swedia, Zlatan Ibrahimovic

Photo :
  • AP Photo

Belgia terus mencoba untuk menambah keunggulan mereka, tetapi babak pertama berakhir tanpa gol tambahan.

Selepas jeda, Swedia masih kesulitan keluar dari tekanan Belgia. Alhasil, tim tamu sukses menggandakan kedudukan tiga menit setelah babak kedua dimulai.

Sontekan Lukaku di depan gawang menjadi gol setelah menerima umpan dari Lukebakio. Belgia memimpin 2-0.

Kiper Belgia Thibaut Courtois melakukan penyelamatan pada menit ke-69. Tendangan Emil Forsberg masih belum bisa menjebol gawang tim tamu.

Pada menit ke-82, Swedia menambah daya serang mereka dengan memasukkan penyerang veteran Zlatan Ibrahimovic. Namun, pergantian itu tidak juga membuahkan hasil.

Belgia justru menambah keunggulan mereka pada menit ke-83. Lukaku lagi-lagi mencetak gol ke gawang Olsen. Berawal dari aksi Luis Openda di sisi kanan. Dia kemudian mengoper bola ke Lukaku yang dituntaskan menjadi menjadi gol. Belgia unggul 3-0.

Tidak ada gol tambahan hingga hingga laga tuntas. Belgia menang meyakinkan 3-0 atas Swedia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya