AC Milan Tak Panik Hadapi Napoli di Liga Champions

AC Milan usai melawan Tottenham Hotspur
Sumber :
  • AP Photo/Alastair Grant

VIVA Bola – AC Milan menjadi tuan rumah leg pertama perempat final Liga Champions. Mereka menjamu Napoli di Stadio San Siro pada Kamis dini hari WIB 13 April 2023. Duel sesama wakil Italia ini amat dinantikan.

Pengakuan Pelatih PSG Usai Gagal ke Final Liga Champions

Napoli yang sedang memimpin klasemen Serie A dengan perolehan poin jauh di atas kertas diunggulkan. Akan tetapi, Milan tak mau begitu saja dianggap cuma sebagai kuda hitam. Karena sebelum ini mereka bisa memberi kejutan.

Bertemu di markas Napoli pada lanjutan Serie A pada 3 April 2023, Milan membawa pulang tiga angka bertkat kemenangan empat gol tanpa balas. Ini seolah menjadi pertanda jika skuad asuhan Stefano Pioli memiliki resep jitu untuk mengalahkan Napoli.

Borussia Dortmund Melangkah ke Final Liga Champions usai Tekuk PSG di Kandang

Pelatih AC Milan, Stefano Pioli

Photo :
  • AP Photo/Antonio Calanni

Pioli mengatakan, selama masa persiapan, anak asuhnya sudah melakukan yang terbaik. Itu pula yang menjadi alasan situasi internal tim dalam menatap pertandingan ini terbilang tenang.

Perjalanan Luar Biasa Girona Hingga Tembus Liga Champions

Tapi, juru taktik berusia 57 tahun tersebut tak ingin terlena dengan segala catatan sebelum ini. Baginya, Liga Champions adalah hal yang berbeda, terlebih memasuki babak perempat final. Pastinya tantangan bakal lebih sulit.

"Kami tenang karena kami tahu, kami telah mempersiapkan pertandingan ini dengan cara sebaik mungkin. Kami menyadari tingkat kesulitannya. Liga Champions adalah Liga Champions. Kami ingin tampil sebaik mungkin," kata Pioli, dikutip dari laman resmi UEFA.

Napoli vs AC Milan

Photo :
  • Alessandro Garofalo/LaPresse via AP

Milan di era sebelumnya adalah tim yang selalu jadi kandidat kuat juara Liga Champions. Sayang status itu memudar di beberapa tahun belakangan karena mereka kerap tidak lolos.

Pioli ingin kembali melanjutkan tren kejayaan Milan di Liga Champions. Setelah musim lalu gugur di fase grup, kini mereka melakukan perbaikan. Harapannya tentu saja ini bisa berlanjut lagi.

"Milan memiliki sejarah kesuksesan yang fantastis di Liga Champions. Meski demikian, memang benar bahwa selama beberapa tahun terakhir kami gagal lolos. Pertandingan ini sangat penting," tutur Pioli.

"Kami telah berhasil melakukan lebih baik dari tahun lalu. Sekarang kami akan mencoba untuk melewati babak ini, tapi kami sadar Napoli sangat kuat. Pada titik ini, dalam kompetisi, Anda hanya bertemu tim yang kuat, dan kami harus memberikan segalanya untuk mencoba dan melewatinya," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya