Merayakan 30 Tahun J League

Bola 30 tahun J League
Sumber :
  • Dok. J League

VIVA Bola – Pekan ini menandai J League memasuki usia ke-30 tahun. Kompetisi sepakbola professional Jepang tersebut akan merayakan hari jadinya pada 15 Mei 2023.

Timnas Indonesia U-23 Tantang Jepang atau Korsel di Perempat Final? Bakal Terjawab Malam Ini

Diawali pada 1993, musim pertama J League ditandai dengan pertandingan Verdy Kawasaki (sekarang bernama Tokyo Verdy) menjamu Yokohama Marinos (sekarang Yokohama F. Marinos) di Stadion Nasional Tokyo.

Henny Meijer, pemain Verdy Kawasaki menjadi pencetak gol pertama. Sayang timnya harus kalah 1-2 setelah tim tamu mencetak gol balasan melalui Everton Nogueira (48') dan Ramon Angel Diaz (59').

Justin Hubner Turut Andil dalam Kemenangan Cerezo Osaka Atas Morioka

30 tahun J League

Photo :
  • Dok. J League

Sehari setelahnya, ada empat laga lain di pekan pertama J League yang digelar, termasuk kemenangan 5-0 Kashima Antlers melawan Nagoya Grampus Eight (sekarang Nagoya Grampus).

Justin Hubner Cetak Sejarah, Ragnar Oratmangoen Bernasib Tragis

Legenda sepakbola Brasil, Zico, mencetak tiga gol. Dia tercatat sebagai pencetak hat-trick pertama di J League.

Kashima Antlers keluar sebagai pemuncak klasemen putaran pertama yang dikenal dengan nama Suntory Series. Sementara Verdy Kawasaki jadi pemuncak putaran kedua alias NICOS Series.

Di partai final bernama Suntory Championship yang mempertemukan kedua tim tersebut, Verdy Kawasaki keluar sebagai juara J League musim pertama usai menang 3-1 dalam dua leg.

Kazuyoshi Miura yang bermain untuk Verdy Kawasaki jadi MVP alias Pemain Terbaik. King Kazu masih jadi pemain profesional bersama Oliveirense di Liga Portugal musim ini, berusia 56 tahun!

Setelah musim pertama ini, dalam tiga dekade selanjutnya, J League menjelma menjadi salah satu kompetisi terbaik di Asia. Gary Lineker, Andres Iniesta, Fernando Torres, Lukas Podolski, David Villa, Arsene Wenger, hingga Luis Felipe Scolari pernah jadi bagian J League.

Kompetisi sepakbola negeri Sakura ini juga melahikan pemain-pemain kelas dunia seperti Hidetoshi Nakata, Shunshuke Nakamura, Shinji Kagawa, Shinji Okazako, Keisuke Honda, hingga yang terbaru Kaoru Mitoma.
Urawa Red Diamonds, Gamba Osaka, hingga Kashima Antlers juga pernah jadi juara Liga Champions Asia, membuat klub-klub J League semakin terpandang di penjuru benua.

Para pemain yang diasah kemampuannya di J League hingga akhirnya mampu membawa Timnas Jepang lolos ke gelaran Piala Dunia. Mulai dari edisi 1998, hingga beruntun selalu tampil di gelaran empat tahunan tersebut hingga 2022.

Akhir pekan ini, J League akan merayakan ulang tahun ke-30 dalam laga pekan ke-13. Kenangan hattrick Zico akan kembali hadir saat Kashima Antlers menghadapi lawan yang sama seperti 30 tahun lalu.

Nagoya Grampus, pada Minggu 14 Mei 2023 mulai pukul 11.30 WIB di Stadion Nasional Jepang. Laga ini juga akan disiarkan secara langsung di YouTube J.League International.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya