Yasuhito Endo Pemain Terbaik dalam Perayaan 30 Tahun J League

Yasuhito Endo
Sumber :
  • Dok. J League

VIVA Bola – J League sudah memasuki usia yang ke-30 tahun. Dalam perayaan tiga dekade pada 15 Mei 2023, diumumkan seorang pemain terbaik. Gelar tersebut jatuh kepada Yasuhito Endo.

Ini Pemain Korea Selatan yang Perlu Diwaspadai Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

Berkarier selama 26 tahun, Endo pernah merasakan dua kali juara J League. Dia juga pernah menjadi juara di kompetisi sepakbola kasta kedua sepakbola Negeri Sakura.

Raihan Endo tak cuma berhenti sampai di sana. Lima gelar juara Piala Kaisar, dua Piala J League, dan juara Liga Champions Asia masuk dalam catatan sejarahnya sebagai pesepakbola profesional.

Lawan Korea Selatan, Shin Tae-yong Berani Pertaruhkan Nasionalisme demi Timnas Indonesia U-23

Yasuhito Endo

Photo :

Pemain berposisi sebagai gelandang ini juga bersinar secara individu. Dia menjadi pemain terbaik J League pada 2014, pemain terbaik Liga Champions Asia pada 2008, dan pemain terbaik Asia 2009.

Kecuali Indonesia, Wakil ASEAN Terseok-seok di Piala Asia U-23: Vietnam Babak Belur

Endo mulai karier profesional pada 1998. Ketika itu usianya baru 18 tahun. Dia menjadi bagian Yokohama Flugels saat memenangkan Piala Kaisar. Setelah itu dia pindah ke Kyoto Purple Sanga selama dua tahun.

Kariernya berlanjut ke Gamba Osaka pada 2001. Di sana dia menjadi ikon klub dan juga J League. 20 tahun bermain untuk Gamba, Endo dinobatkan sebagai pemain terbaik kompetisi.

Loyalitas Endo bersama Gamba Osaka tak perlu diragukan. Saat tim terpuruk dan turun kasta, dia masih bermain di sana sampai bangkit kembali. Setelah itu pula tim sukses memenangkan treble domestik.

Setelah menjalani 605 pertandingan bersama Gamba Osaka, Endo memilih hijrah ke Jubilo Iwata pada 2020. Kini di usia 43 tahun dia masih terus memimpin tim.

Endo juga pernah menjadi bagian penting Timnas Jepang. Dia mencatatkan 152 penampilan bersama tim berjuluk Samurai Biru. Tampil di tiga Piala Dunia, dan mejadi juara dua kali di Piala Asia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya