Vittek, Si Penjagal Juara Bertahan

Slovakia Singkirkan Juara Bertahan Italia : Robert Vittek
Sumber :
  • AP Photo/Gero Breloer

VIVAnews -  Tim debutan Slovakia berhasil menyingkirkan Italia dari Piala Dunia 2010. Striker Robert Vittek menjadi aktor di balik kepulangan sang juara bertahan dari Afrika Selatan.

Bertanding di Stadion Ellis Park, Johannesburg, Kamis, 24 Juni 2010, Slovakia berhasil mengalahkan Italia 3-2. Hasil ini membuat Slovakia berhak atas tiket 16 besar menemani wakil Grup F lainnya, Paraguay.

Kesuksesan Slovakia tak lepas dari penampilan gemilang Robert Vittek. Pemain yang sudah menginjak usia 28 tahun itu menyumbang dua dari tiga gol Slovakia dan membawanya tampil sebagai man of the match.

Vittek mengejutkan Italia lewat gol yang dicetaknya pada menit ke-25. Memanfaatkan umpan dari terobosan Juraj Kucka, Vittek berhasil mengecoh kiper Azzurri, Federico Marchetti.

Di babak kedua, Vittek kembali menjebol gawang Italia. Kali ini pemain pemain kelahiran Bratislava, 1 April 1982 itu itu berhasil memaksimalkan umpan silang Marek Hamsik dan merubah kedudukan menjadi 2-0.

Italia sebenarnya berhasil memperkecil kekalahannya lewat gol Antonio Di Natale pada menit ke-81. Namun pemain Slovakia lainnya, Kamil Kopunek kembali memperlebar jarak menjadi 3-1 lewat golnya pada menit ke-89.

Di masa injury time, Italia kembali mencetak gol lewat kaki Fabio Quagliarella dan merubah skor menjadi 3-2 untuk keunggulan Slovakia. Skor ini bertahan hingga pertandingan usai.

Tampil bersama tim debutan, Slovakia, Vittek bukanlah striker terlalu diperhitungkan di PD 2010. Pamor Vittek juga tidak terlalu mengkilap mengingat dia saat ini dia hanya bermain untuk klub Turki, Ankaragücü.

Vittek sendiri mengawali karirnya bersama Slovan Bratislava pada 1999. Dia kemudian pindah ke klub Nuremberg empat tahun kemudian. Saat itu Nuremberg masih berada di divisi kedua liga Jerman.

Penampilan gemilang Vittek bersama Nuremberg sempat menarik perhatian tim-tim besar seperti Hamburger SV, Dynamo Kiev, dan Lokomotif Moskow.

Namun tawaran tersebut ditolak Nuremberg dan memilih untuk melepaskan ke klub Prancis, Lille pada 2008. Sayang penampilannya tidak stabil sehingga Lille memilih untuk meminjamkannya ke  klub asal Turki Ankaragucu.

Penampilan Vittek bersama Slovakia sudah membela timnas Slovakia sejak 2001 lalu. Hingga saat ini dia sudah mengantongi 73 caps dengan koleksi 23 gol.

Di PD 2010, Vittek telah mencetak 3 gol. Masing-masing satu gol lawan Selandia Baru dan dua gol lawan Italia.

Moeldoko: Otonomi Daerah Harus Lanjutkan Pembangunan Visi Jokowi
Ria Ricis

Cerita Soal Baby Box, Ria Ricis Seolah Pertegas Tentang Nafkah Batin

Ria Ricis mengambil hikmah dari pengalaman tersebut, yaitu kekuatan hubungannya dengan Moana yang sangat erat.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024