Ini Daftar Klub yang Terdegradasi di 5 Liga Terbesar Eropa

Pemain Leicester City James Maddison
Sumber :
  • Tim Goode/PA via AP

VIVA Bola - Liga-liga domestik di Eropa sudah memasuki matchday terakhir. Namun ada sejumlah klub yang sudah terdegradasi.

Chelsea Bikin Mikel Arteta Terkesan

Setiap liga-liga domestik di Eropa, pastinya akan ada tiga klub yang harus turun kasta. Seperti halnya yang terbaru yaitu Leicester City yang terdegradasi ke Championship. Berikut beberapa klub di Eropa yang turun kasta:

1. Premier League

Piramida Sepakbola Inggris dalam Bahaya

Para pemain Leicester City merayakan gol.

Photo :
  • Twitter/@europacnfleague

Pada Minggu malam kemarin, Premier League sudah menutup musim 2022/2023 dimana Manchester City mampu mempertahankan gelarnya. Namun ada tiga klub yang harus terdegradasi ke Championship atau kasta kedua sepakbola Inggris diantaranya, Leicester City yang finis di peringkat ke 17 dengan 34 poin.

Pembelaan Pelatih AC Milan Usai Inter Milan Pesta Juara di San Siro

Kemudian ada Leeds United yang bertengger di peringkat ke 19 dengan 31 poin hasil dari tujuh kali kemenangan, 10 kali hasil imbang dan 21 kali menelan kekalahan. Sedangkan klub selanjutnya adalah Southampton yang finis di peringkat ke 20 dengan 25 poin, hasil dari enam kali kemenangan, tujuh kali meraih hasil imbang dan 25 menelan kekalahan.

2. Serie A

Pemain Cremonese merayakan kemenangan

Photo :
  • Twitter: Cremonese

Serie A tinggal menyisakan satu laga penutup, dimana Napoli yang sudah dipastikan menjadi Juara. Akan tetapi untuk klub yang sudah dipastikan terdegradasi ada dua yaitu Cremonese dan Sampdoria. Dimana matchday terakhir akan menjadi laga penentu antara Hellas Verona dan Spezia yang sama-sama meraih 31 poin.

Dimana laga penutup Hellas Verona akan menghadapi AC Milan, sedangkan laga penutup Spezia akan menghadapi AS Roma. Laga penutup akan melahirkan banyak drama.

3. LaLiga

Pemain Espanyol.

Photo :
  • AP Photo

Sama seperti Serie A, LaLiga menyisakan satu pertandingan dimana Barcelona yang sudah memastikan menjadi juara. Namun ada dua klub yang sudah dipastikan terdegradasi yaitu Espanyol dan Elche.

Sementara satu klub lagi akan ditentukan di matchday terakhir LaLiga. Dimana Real Valladolid yang berada di peringkat ke 18 dengan poin 30 sedangkan Celta Vigo yang berada di peringkat 17 dengan poin 40.

4. Bundesliga

Pemain Schalke 04.

Photo :
  • instagram.com/s04/

Pada Sabtu malam lalu, Bundesliga telah menutup musim 2022/2023 dimana Bayern Munich mampu mempertahankan gelar dan meraih trofi ke 10 secara beruntun.

Ada dua kliu yang sudah dipastikan terdegradasi yaitu Schalke dan Hertha Berlin. Sedangkan Stuttgart akan harus meraih kemenangan di babak playoff jika ingin bertahan di Bundesliga.

5. Ligue 1

Nantes rayakan kemenangan atas PSG

Photo :
  • Twitter/@FCNantes

Sementara Ligue 1 menyisakan satu pertandingan. Dimana PSG yang sudah dipastikan juara. Namun sudah ada tiga klub yang dipastikan terdegradasi yaitu Angers, Ajaccio dan Troyes.

Di Ligue 1 menetapkan empat klub yang terdegradasi. Satu klub lagi akan ditentukan hingga matchday menutup yaitu Nantes yang mengumpulkan 33 poin sedang AJ Auxerre mengumpulkan 35 poin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya