Andres Iniesta Membawa Vissel Kobe Mengukir Sejarah

Andres Iniesta bersama Vissel Kobe
Sumber :
  • Dok. J League

VIVA Bola – Andres Iniesta memutuskan untuk meninggalkan Vissel Kobe pada 1 Juli 2023 mendatang. Lima tahun pertunjukan magisnya di J League akan berakhir ketika kontraknya bersama tim masih tersisa enam bulan lagi.

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

"Ini hari yang sangat emosional setelah bertahun-tahun di sini. Saya sudah mencoba memberikan yang terbaik di dalam dan luar lapangan, saya sangat bangga akan hal itu," ujar Iniesta dalam konferensi pers beberapa waktu lalu.

Iniesta merupakan pemain ternama dunia. Capaian prestasi tertinggi bersama Barcelona dan Timnas Spanyol pernah diraih. Itu yang membuat namanya selalu dikenang para pecinta sepakbola dunia.

Defisit 3 Gol, Liverpool Ingin Bikin Keajaiban Comeback di Markas Atalanta

Andres Iniesta saat Vissel Kobe melawan Yokohama F. Marinos

Photo :
  • instagram.com/visselkobe

Pada 2018, ketika Iniesta memutuskan merantau ke Jepang dan gabung Vissel Kobe, publik Jepang sangat antusias. Mereka benar-benar gembira, pemain dengan kualitas mumpuni akan meramaikan kompetisi sepakbola di Negeri Sakura.

Justin Hubner Turut Andil dalam Kemenangan Cerezo Osaka Atas Morioka

J League pun mulai dilirik di beberapa negara lain. Dampak bagi Jepang, anak-anak muda mendapatkan sosok inspirasi yang memiliki rekam jejak mumpuni di level dunia.

Selama bergabung dengan Vissel Kobe, pemain berjuluk El Ilusionista tersebut berkontribusi dalam merebut gelar juara Piala Kaisar 2019. Itu menjadi gelar juara kompetisi major pertama bagi klub, sejak berdiri 57 tahun silam.

Andres Iniesta bersama Vissel Kobe

Photo :
  • Dok. J League

Dari Piala Kaisar tersebut, Vissel Kobe kemudian mendapatkan tiket menuju Liga Champions Asia. Itu menjadi kesempatan pertama bagi klub untuk mencicipi kompetisi level tertinggi sepakbola Asia.

Pada kesempatan pertama di Liga Champions Asia, Vissel Kobe berhasil menjejak sampai babak semifinal. Mereka dikalahkan wakil Korea Selatan, Ulsan Hyundai.

Pada J League 2021, Vissel Kobe bercokol di tiga besar klasemen. Capaian itu membuat mereka untuk kedua kalinya dalam sejarah bermain di Liga Champions Asia. Iniesta menjadi salah satu pilar penting dalam tim.

Sejauh ini, Iniesta sudah bermain dalam 133 pertandingan Vissel Kobe di semua kompetisi. Dia menyumbangkan 26 gol dan 25 assist.

Iniesta kemungkinan masih akan bermain saat Vissel melawan Kawasaki Frontale, Cerezo Osaka, Avispa Fukuoka, dan terakhir Hokkaido Consadole Sapporo di J League. Uji coba melawan Barcelona pada 6 Juni 2023 mendatang kemungkinan juga bisa dia lakoni.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya