5 Pelatih Peraih Trofi Liga Champions Terbanyak

carlo ancelotti, don carlo
Sumber :
  • twitter/@realmadrid

VIVA Bola - Liga Champions telah memasuki babak puncak yang akan mempertemukan Manchester City vs Inter Milan pada Minggu mendatangan, 11 Juni 2023.

Statistik Mengerikan Harry Kane Lawan Arsenal

Namun perlu diketahui, ada sejumlah pelatih yang mampu meraih trofi Liga Champions terbanyak. Selain itu juga, Pep Guardiola memiliki peluang untuk mengoleksi trofi tersebut bersama Manchester City.

Berikut beberapa pelatih peraih trofi Liga Champions, dilansir berbagai sumber:

Real Madrid Vs Man City, Urusan Antonio Ruediger dengan Erling Haaland Belum Selesai

1. Carlo Ancelotti

Carlo Ancelotti saat membawa Real Madrid meraih La Decima di Liga Champions

Photo :
  • Twtter/@realmadriden

Gabriel Jesus Peringatkan Bayern Munich, Arsenal yang Dulu Bukanlah yang Sekarang!

Carlo Ancelotti menjadi pelatih terbanyak dengan meraih empat trofi Liga Champions. Dua diantaranya ketika masih menjadi pelatih AC Milan dan dua lagi ketika bersama Real Madrid.

Namun pada musim ini, pelatih asal Italia tersebut gagal mengoleksi trofi Liga Champions setelah dipulangkan oleh Manchester City di babak semifinal.

2. Zinedine Zidane

Zinedine Zidane

Photo :
  • vstory

Sebelum menjadi pelatih hebat seperti sekarang, Zinedine Zidane merupakan asisten pelatih Carlo Ancelotti. Bersama Real Madrid, pelatih asal Prancis tersebut berhasil meraih trofi Liga Champions tiga kali secara beruntun di musim 2016, 2017 dan 2018.

Zinedine Zidane merupakan pelatih pertama meraih trofi Liga Champions secara beruntun. Namun sayang setelah meraih trofi Liga Champions di musim 20218, ia memutuskan untuk meninggalkan Los Blancos dan memilih untuk beristirahat. Hingga sekarang mantan pemain Juventus tersebut belum memutuskan untuk kembali melatih.

3. Jose Mourinho

Pelatih AS Roma, Jose Mourinho

Photo :
  • Spada/LaPresse via AP

Kualitas Jose Mourinho sebagai pelatih sudah tidak diragukan lagi. Ia berhasil membawa Porto meraih trofi Liga Champions saat menghadapi AS Monaco, trofi tersebut juga merupakan yang pertama bagi pelatih asal Portugal tersebut.

Sementara trofi keduanya saat menangani Inter Milan, dimana bersama klub asal Serie A tersebut. Jose Mourinho berhasil meraih treble winner diantaranya menjadi Juara Liga Champions, Coppa Italia dan Serie A.

4. Pep Guardiola

Manajer Manchester City, Pep Guardiola

Photo :
  • AP Photo/Dave Thompson

Pep Guardiola telah memenangkan dua trofi Liga Champions pada tahun 2008 dan 2011. Kedua kemenangan itu didapat saat menghadapi Manchester United di babak final. Pertama saat pertandingan digelar Stadion Olimpico, Roma, dan kedua di Wembley, Inggris.

Pep Guardiola telah enam kali ke final Liga Champions. Terakhir pada musim kemarin melatih Manchester City, namun sayang, Pep harus menelan kekalahan tipis 0-1 saat menghadapi Chelsea. Namun kini ia memiliki peluang untuk meraih trofi Liga Champions untuk ketiga kalinya bersama ManCity saat menghadapi Inter Milan.

5. Sir Alex Ferguson

Sir Alex Ferguson saat membawa Manchester United juara Liga Champions 2007/2008

Photo :
  • Twitter/@ChampionsLeague

Pelatih terhebat sepanjang sejarah yaitu Sir Alex Ferguson. Memenangkan trofi Liga Champions pertama yaitu pada tahun 1999 saat mengalahkan Bayern Munich 2-1 di Stadion Camp Nou. Dua gol dari Manchester United dicetak oleh Ole Gunnar Solskjaer.

Trofi kedua Liga Champions saat Manchester United mengalahkan Chelsea dalam babak adu penalti yang di gelar do Maskow. Sir Alex Ferguson masih memegang rekor 114 kali kemenangan di Liga Champions dan ia dinobatkan sebagai pelatih terbaik sepanjang masa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya