Keputusan Wasit yang Bikin Jose Mourinho dan AS Roma Murka di Final Liga Europa

Pelatih AS Roma, Jose Mourinho
Pelatih AS Roma, Jose Mourinho
Sumber :
  • AP Photo/Petr David Jose

VIVA Bola – Pelatih AS Roma, Jose Mourinho tak bisa menyembunyikan kekesalan terhadap wasit Anthony Taylor yang memimpin jalannya pertandingan final Liga Europa melawan Sevilla. Dalam duel di Puskas Arena, Budapest, Hungaria, Kamis dini hari WIB 1 Juni 2023, wakil Italia harus gigit jari.

Polisi Tetapkan 6 Orang sebagai Tersangka Kasus Pengaturan Pertandingan Liga 2

AS Roma kalah dari Sevilla melalui adu penalti. Padahal di babak pertama, mereka sempat unggul lebih dulu melalui gol Paulo Dybala. Namun, pada babak kedua, Gianluca Mancini melakukan gol bunuh diri.

Usai pertandingan, Mourinho menumpahkan kekesalannya terhadap berbagai keputusan wasit asal Inggris tersebut. Menurut dia, ini di luar dugaan karena terjadi pada pertandingan final.

Diam-diam Mourinho Cari Untung dari Kasus Sancho, MU Bakalan Tekor
AS Roma di final Liga Europa

AS Roma di final Liga Europa

Photo :
  • AP Photo/Petr David Jose

"Kami sudah terbiasa dengan pengaruh wasit dalam permainan kami. Itu bukan hal baru, tapi saya tidak menduganya di final Liga Europa," kata Mourinho kepada Sky Sports.

Ribut dengan Ten Hag, Sancho Dapat Kabar Baik dari Jose Mourinho

Mourinho membeberkan apa saja keputusan wasit yang membuat kesal. Yang pertama adalah tidak diberikannya penalti untuk Roma ketika ada pemain Sevilla melakukan handball di dalam kotak penalti.

Taylor juga dianggap oleh Mourinho terlalu mudah memberi kartu kuning kepada anak asuhnya. Tapi ketika pemain Sevilla, Erik Lamela melakukan pelanggaran yang harusnya diusir keluar lapangan, malah tidak dilakukan.

Jose Mourinho usai final Liga Europa

Jose Mourinho usai final Liga Europa

Photo :
  • AP Photo/Petr David Jose

"Jika Anda melihat mulut Ibanez, Anda mengerti segalanya. Lamela bahkan mengambil penalti. Dia seharusnya mendapat kartu kuning kedua. Lihat tim yang mempertahankan penguasaan bola di babak pertama," tutur Mourinho.

Lamela sempat menyikut Ibanez, namun cuma mendapat kartu kuning saat perpanjangan waktu. Menyusul benturan tersebut, bek Roma tersebut harus mendapat jahitan.

Setelah itu Lamela kemudian melakukan pelanggaran terang-terangan. Akan tetapi, Anthony Taylor tidak mengeluarkan kartu, dan itu memicu protes dari pihak Roma.

Mourinho juga mengeluhkan kartu kuning yang diberikan kepada Lorenzo Pellegrini karena dianggap melakukan diving oleh wasit. Akan tetapi, wasit malah tidak memberikannya kepada pemain Sevilla.

"Ada kartu kuning untuk Pellegrini dan kemudian Lucas Ocampos melakukan diving. VAR mengatakan itu bukan penalti, dan Ocampos tidak mendapat kartu kuning. Ini luar biasa, karena Taylor adalah wasit yang baik," ujar Mourinho.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya