Lionel Messi Kebal Santet, Samai Torehan Ramadhan Sananta

Megabintang Timnas Argentina, Lionel Messi
Sumber :
  • AP Photo/Natacha Pisarenko

VIVA – Lionel Messi memborong gol kemenangan Timnas Argentina atas Peru pada laga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Amerika Latin. Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Nasional, Lima, Rabu 18 Oktober 2023, Argentina menang dengan skor 2-0.

Min Hee Jin dari ADOR Ngaku Konsultasi dengan Dukun Tentang BTS

Messi menjadi pembeda pada laga itu. Pemain Inter Miami ini mencetak dua gol kemenangan Argentina Gol pembuka yang dicetak Messi tercipta di menit ke-32. 

Umpan tarik Nicolas Gonzalez dari sisi kiri dituntaskan Messi dengan tembakan keras kaki kiri ke arah kanan gawang. Sepuluh menit berselang, Messi kembali sukses menggetarkan gawang Peru untuk kali kedua. 

Timnas Indonesia U-23 Dapat Kabar Baik Jelang Lawan Korea Selatan

Kali ini Enzo Fernandez yang turut memanjakan Messi untuk cetak gol kedua. Umpan pendek Enzo di kotak penalti langsung disambar Messi yang merangsek ke kiri gawang yang lagi-lagi tak bisa diantisipasi Pedro Gallese.

Dukun Peru santet lionel messi

Photo :
  • AFP
Terpopuler: Sindiran Suporter Bali United, Media Asing Puji Indonesia

Penampilan Messi yang menjadi pahlawan bagi Argentina ini menjadi bukti bahwa aksi santet yang dilakukan para dukun Peru tidak mempan terhadap pemain 36 tahun tersebut.

Ya, jelang pertandingan tersebut, para dukun di Peru dikabarkan berkumpul di  Stadion Nasional, Lima. Foto Messi jadi media para dukung itu, mereka memukul-mukul dengan tongkat pada foto Messi. Sebagian lagi yang menggunakan boneka untuk media-nya.

Salah satu dukun membuat "hujan bunga" dan menggunakan berbagai dupa pada kaos dan foto Paolo Guerrero. Kemudian, seorang wanita juga terlihat dengan paksa memukul-mukul gambar foto Messi di tanah. 

"Saya tahu dia merasakan sakit di paha kanannya dan itulah mengapa saya bekerja di sana," kata sang dukun yang menyantet Messi di bagian Paha, dikutip dari Excelsior.

Terlepas dari itu, torehan dua gol Messi melawan Peru membuatnya kini sudah mencetak tiga gol di Kualifikasi Piala Dunia 2023. Dia ada di posisi teratas top skor Kualifikasi Piala Dunia 2026, tapi tak sendirian.

Pemenang tujuh penghargaan Ballon d Or itu sejajar dengan pemain Indonesia. Dua pemain Indonesia, Dimas Drajad dan Ramadhan Sananta. Dalam dua pertandingan Garuda dengan Brunei Darussalam, kedua pemain itu membukukan tiga gol.

Ramadhan Sananta merayakan gol di laga Timnas Indonesia Vs Brunei

Photo :
  • PSSI

Satu lagi pemain yang sudah membukukan tiga gol di kualifikasi Piala Dunia adalah pesepakbola Uruguay, Nicolas de la Cruz. Dia menjadi salah satu penentu kemenangan Uruguay atas Brasil dengan skor 2-0.

Di posisi kedua top skorer Kualifikasi Piala Dunia 2026 ada 11 pemain dengan raihan dua gol. Indonesia menempatkan Hokky Caraka dan Rizky Ridho. 

Pemain lainnya ada Neymar, Rodrygo (Brasil), Yu Yao-hsing (Taiwan), Felix Torres (Ekuador), Michael Udebuluzor (Hong Kong), Lwin Moe Aung (Myanmar), Darwin Nunez (Uruguay), Solomon Rondon (Venezuela), dan Abdulwasea Al-Matari (Yaman).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya