Terbaru Endrick, Ini 5 Debut Termuda Timnas Brasil

Endrick
Sumber :
  • Twitter: Fabrizio Romano

Jakarta - Ada sejumlah pemain Timnas Brasil menjalani laga debut termuda laga resmi, seperti halnya yang terbaru adalah Endrick.

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

Di antara debut termuda Timnas Brasil, Pele merupakan paling sukses. Ia telah membawa Tim Samba meraih tiga kali gelar Piala Dunia. Berikut beberapa debut termuda Timnas Brasil, dilansir berbagai sumber:

1. Walter Henrique - 17 Tahun 136 Hari

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Walter Henrique da Silva atau lebih dikenal Walter merupakan pemain sepakbola profesional dari Timnas Brasil. Ia bermain untuk sejumlah klub seperti Fluminense, Porto dan Goias. Ia menjalani debut bersama Timnas Brasil ketika usianya masih 17 Tahun 136 hari. 

2. Endrick - 17 Tahun 118 Hari

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

Pemain Palmeiras, Endrick

Photo :
  • Instagram: Endrick

Felipe Moreira de Sousa atau yang dikenal Endrick baru saja menjalani debutnya bersama Timnas Brasil ketika usianya masih 17 tahun 118 hari saat menghadapi Timnas Uruguay sebagai pemain pengganti. Ia menjadi salah satu pemain muda yang berpotensial. 

3. Philippe Coutinho - 17 Tahun 28 Hari

Gelandang Brasil, Philippe Coutinho

Photo :
  • 90 Min

Philippe Coutinho merupakan salah satu pemain Timnas Brasil yang luar biasa. Ia sukses menjalani debut ketika usianya masih 17 tahun 28 hari. Namun potensial dirinya harus terganggu dengan cedera lutut yang sering kambuh.

Ia telah memperkuat klub-klub besar Eropa seperti Inter Milan, Liverpool, Barcelona, Bayern Munich hingga kini Philippe Coutinho bermain untuk klub Qatar yaitu Al Duhail.

4. Edu - 16 Tahun 339 Hari

Eduardo Américo atau yang dikenal sebagai Edu, Ia merupakan pemain Timnas Brasil dan berhasil menjalani debut ketika usianya masih 16 tahun 339 hari dan menjadi termuda kedua.

Ia telah mencatatkan penampilannya bersama Timnas Brasil sebanyak 42 pertandingan dan mencetak delapan gol sepanjang 1966 hingga 1977.

Ia juga turut serta dalam Piala Dunia 1966 dan 1974 serta di tahun 1970, ia berhasil meraih trofi Piala Dunia di usianya 16 tahun 339 hari.

5. Pele - 16 Tahun 257 Hari

Pele Mantan pemain Timnas Brasil

Photo :
  • Wikimedia

Siapa yang tak kenal dengan legenda Brasil satu ini, Pele telah memenangkan banyak rekor selama Piala Dunia. Ia menjadi pemain termuda yang meraih trofi Piala Dunia. Ia awalnya ragu untuk bermain di Piala Dunia 1958 Swedia karena mengalami masalah cedera lutut.

Namun masalah tersebut masih bisa diatasi oleh Pele dan menjalani debutnya menghadapi Uni Soviet. Dalam laga tersebut, ia bahkan memberikan satu assist untuk kemenangan Timnas Brasil dengan skor 2-0. Ia juga menjadi pencetak hattrick termuda saat menumbangkan Timnas Prancis dengan skor 5-2.

Dalam debutnya di Piala Dunia 1958, Pele berhasil mengatakan Timnas Brasil juara dan menjadikannya peraih trofi Piala Dunia termuda. Tidak hanya pada tahun tersebut, Pele juga telah mengantarkan Timnas Brasil meraih tiga kali juara Piala Dunia pada 1958, 1962 dan 1970.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya