Tembus Semifinal, Timnas RD Kongo Ternyata 2 Kali Juara Piala Afrika

Pemain Timnas RD Kongo
Sumber :
  • AP Photo/Themba Hadebe

Pantai Gading Timnas RD Kongo sepertinya masih terdengar asing untuk pecinta sepakbola nasional. Secara mengejutkan, tim berjuluk Les Leopards mampu menembus semifinal Piala Afrika 2023 yang digelar di Pantai Gading.

Pemda dan Polres Purworejo Gelar Nobar Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan di Alun-alun

RD Kongo menekuk tim favorit Mesir 8-7 (1-1) lewat adu penalti di babak 16 besar. Setelah itu, tim besutan Sebastian Desabre menekuk Guinea 3-1 di perempatfinal.

Pemain Timnas Mesir

Photo :
  • AP Photo/Sunday Alamba
Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan, Sama-sama Bidik Sejarah Lolos Olimpiade

Namun, menembus semifinal Piala Afrika 2023 ternyata bukan sejarah baru bagi RD Kongo. Siapa sangka, RD Kongo sudah dua kali menjadi juara Piala Afrika.

Gelar perdana datang pada 1968. Kala itu, mereka menjadi juara dengan nama Kongo-Kinshasa, usai menekuk Ghana 1-0 di partai final.

Lawan Uzbekistan, Tuah Abdullah bin Khalifa Stadium Untungkan Timnas Indonesia U-23?

Pada 1974, RD Kongo juara Piala Afrika, dengan nama lain lagi. Kali ini, mengusung nama Zaire mereka juara dengan menekuk Zambia 2-0 di partai final ulangan. Dalam final sebelumnya, kedudukan 2-2 sehingga ada partai replay atau ulangan.

Di tahun 1974, juga RD Kongo berhasil tampil di Piala Dunia dengan nama Zaire. Itulah satu-satunya penampilan RD Kongo di Piala Dunia.

Dengan nama RD Kongo, pencapaian terbaik negara ini di Piala Afrika adalah merebut posisi ketiga pada 1998 dan 2015.

Di Piala Afrika 2023, RD Kongo menantang tuan rumah Pantai Gading di semifinal. Mampukah mereka melanjutkan kejutan dengan menembus partai final?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya