Timnas Vietnam Pecat Philippe Troussier

Pelatih Timnas Vietnam, Philippe Troussier
Sumber :
  • VIVA/Riki Ilham Rafles

Hanoi – Timnas Vietnam dua kali kalah dari Timnas Indonesia dalam waktu lima hari. Keduanya adalah pertandingan lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Akibatnya, pelatih Philippe Troussier dipecat.

Media Asing Soroti Suporter Indonesia di Qatar, Sebut Jadi 'Mini Jakarta'

Timnas Vietnam kalah pertama kali di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada 21 Maret 2024 dengan skor 0-1. Pada pertemuan di My Dinh National Stadium, 25 Maret 2024, kekalahan 0-3 dialami.

Sesudah pertandingan, Philippe Troussier masih menghadiri sesi konferensi pers. Tak ada kabar bahwa dia dipecat oleh Federasi Sepakbola Vietnam (VFF). Tapi memang kritik terus datang kepadanya.

Momen Pratama Arhan Peluk Mesra Azizah Salsha Usai Timnas Indonesia Lolos Piala Asia U-23

Di stadion, para pendukung Vietnam berteriak meminta Troussier dipecat. Kemudian di dalam sesi konferensi pers, dia diminta tanggapan akan hal itu, dan masih bisa menjawab.

Pelatih Timnas Vietnam, Philippe Troussier

Photo :
  • VIVA/Riki Ilham Rafles
Menang di Laga Perdana Proliga, Jakarta LavAni Akui Masih Punya Kekurangan

Beberapa jam setelah pertandingan usai, tiba-tiba muncul pernyataan resmi dari VFF terkait dengan pengakhiran kerja sama mereka dengan juru taktik asal Prancis tersebut.

"Segera setelah pertandingan antara Vietnam dan Indoensia pada babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, LDBDVN dan pelatih kepala Philippe Troussier bertemu untuk membahas proses kerja sebagai pelatih kepala tim Vietnam dan tim Vietnam U-23," demikian bunyi pernyataan VFF.

"Dalam pertemuan tersebut, LDBDVN dan pelatih kepala tim nasional Vietnam, Philippe Troussier mencapai kesepakatan untuk mengakhiri kontrak mulai 26 Maret 2024."

"Pelatih Philippe Troussier mengucapkan terima kasih atas dukungan dan dukungan positif dari para pemain, klub, VFF, serta suporter. Pelatih asal Prancis itu meminta maaf kepada suporter Vietnam karena prestasi tim yang tidak sesuai ekspektasi."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya